Jumat 06 Aug 2021 14:29 WIB

Allah SWT Menyukai Sifat Lemah Lembut

Lemah lembut mengandung arti kelembutan dalam setiap perkataan dan perbuatan.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Allah SWT Menyukai Sifat Lemah Lembut
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Allah SWT Menyukai Sifat Lemah Lembut

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemah lembut mengandung arti kelembutan dalam setiap perkataan dan perbuatan. Allah SWT Yang Maha Lembut menyukai orang-orang yang bersikap lemah lembut dalam perkataan dan perbuatan.

Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menyampaikan Allah SWT menyukai sifat lemah lembut. Bahkan Allah SWT akan memberikan sesuatu yang hanya diperuntukan bagi orang yang bersifat lemah lembut.

Baca Juga

حَدَّثَنَا حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى التُّجِيبِيُّ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي حَيْوَةُ حَدَّثَنِي ابْنُ الْهَادِ عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ حَزْمٍ عَنْ عَمْرَةَ يَعْنِي بِنْتَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ وَيُعْطِي عَلَى الرِّفْقِ مَا لَا يُعْطِي عَلَى الْعُنْفِ وَمَا لَا يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ 

Rasulullah SAW bersabda, "Hai Aisyah, sesungguhnya Allah itu Maha Lembut. Dia mencintai sikap lemah lembut. Allah akan memberikan kepada sikap lemah lembut sesuatu yang tidak Dia berikan pada sikap yang keras, dan juga akan memberikan apa-apa yang tidak diberikan pada sikap lainnya." (HR Muslim)

 

Nabi Muhammad SAW dalam sabda lainnya menyampaikan orang yang dijauhkan dari sifat lemah lembut atau kasih sayang, berarti dijauhkan dari kebaikan.

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ أَبِي إِسْمَعِيلَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ هِلَالٍ قَالَ سَمِعْتُ جَرِيرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ حُرِمَ الرِّفْقَ حُرِمَ الْخَيْرَ أَوْ مَنْ يُحْرَمْ الرِّفْقَ يُحْرَمْ الْخَيْرَ 

Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa dijauhkan dari sifat lemah lembut (kasih sayang), berarti ia dijauhkan dari kebaikan." (HR Muslim)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement