Jumat 06 Aug 2021 13:26 WIB

Tim Mobil Listrik 'Arjuna' UGM Raih Penghargaan 

UGM mendapatkan penghargaan best battery designdan 3rd Place Team Management Report.

Tim Arjuna UGM
Foto: UGM
Tim Arjuna UGM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tim Mobil Listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih penghargaan dalam kompetisi mobil listrik tahunan 5th Annual FSEV Concept Challenge (FSEV 2021). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Formula Bharat India viadaring dari 30 Juli 2021 hingga 4 Agustus 2021. 

Dalam kompetisi yang diikuti oleh 31 tim dari India, Turki, dan Indonesia tersebut Tim Mobil Listrik Arjuna UGM mendapatkan penghargaan best battery design(desain baterai terbaik) dan 3rd Place Team Management Report serta menjadi finalis di kategori Software and Intelligence Integration.

"Tentunya bangga atas pencapaian ini. Harapannya ke depan bisa terus berprestasi," kata Ketua Tim Mobil Arjuna dalam kompetisi FSEV 2021 Muhammad Raihan Hilmy dalam siaran pers universitas di Yogyakarta, Jumat (6/8).

Hilmy menyebutkan, bahwa tim Arjuna UGM sudah dua kali mengikuti kompetisi FSEV. Pada tahun 2020 tim Arjuna juga berhasil meraih beberapa penghargaan dalam ajang tersebut. "Tujuan awal tim Arjuna mengikuti kompetisi tahunan yang kedua kalinya ini adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman serta feedback(umpan balik) yang dapat diambil dari kompetisi ini sehingga dapat mematangkan persiapan tim serta konsep desain dari mobil yang akan dibuat untuk tahun depan," kata dia.

FSEV merupakan kompetisi mobil listrik formula tahunan yang digelar oleh Curiosum Tech Private Limited di bawah nama Formula Bharat India. Kompetisi tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengadu konsep dan rancanganFormula Student Electric Vehicle Powertrain Package serta menguji pemahaman sistem manajemen dalam industri mobil listrik.

Sebelum pandemi Covid-19, tim Arjuna UGM setiap tahun mengikuti kompetisi berskala internasional Japan Formula Society Automotive Engineer (FSAE) yang diselenggarakan di Prefektur Shizuoka, Jepang.

"Hal ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia mampu ikut dalam peradaban perkembangan mobil listrik dunia," kata ketua generasi ke-9 tim Arjuna UGM, Inherenta Muhammad Amarutsli.

Inherenta menuturkan, tim mobil listrik Arjuna UGM ingin menjadi tim pengembang mobil listrik berbasis riset terbaik di Asia. Tim secara aktif melakukan evaluasi untuk melakukan perbaikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement