Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen, DPR: Harapan Baru

Pertumbuhan ekonomi di kondisi ini merupakan harapan baru di tengah pandemi Covid-19

Jumat , 06 Aug 2021, 12:50 WIB
Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2021 sebesar 7,07 persen (year on year/yoy) merupakan kabar yang baik.

Masyarakat juga diminta untuk menyukseskan PPKM, agar ke depannya kebijakan serupa tak diterapkan kembali karena kesehatan masyarakat yang membaik. Ditandai dengan kasus Covid-19 dapat ditekan dan menurunnya angka kematian.

"Maka kuncinya, terapkan prokes ketat, ayo kita sukseskan vaksinasi nasional, disiplin dalam menjaga kesehatan," ujar Muhaimin.

Badan Pusat Statistik (BPS) resmi merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2021. Pertumbuhan tercatat kembali ke level positif sebesar 7,07 persen (year on year/yoy) atau 3,31 persen (quarter to quarter/qtq).

Dicapainya level positif mengeluarkan Indonesia dari masa resesi ekonomi akibat pertumbuhan minus yang terjadi berturut-turut sejak kuartal II 2020. Meski demikian, Kepala BPS, Margo Yuwono, mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal II 2021 ini belum masuk pada kondisi normal seperti sebelum pandemi.

"Sudah positif ada perbaikan tapi ini belum kembali seperti pada pra-Covid-19," kata Margo dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8).