Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Buffon Cerita Soal Perjuangannya Hadapi Depresi

Kamis 05 Aug 2021 23:04 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Foto: EPA-EFE/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Buffon akan memperkuat Parma di Serie B pada musim yang akan datang.

REPUBLIKA.CO.ID, PARMA -- Kiper Parma Gianluigi Buffon menceritakan pengalamannya berjuang melawan depresi yang terus mengintainya dalam karier sepak bola profesional.  Kiper yang sukses membawa Italia juara Piala Dunia 2006 itu kini kembali ke Parma setelah 20 tahun berpetualang di Juventus dan Paris Saint-Germain. 

"Saya hanya mendengarkan pikiran ketika berhadapan dengan tantangan. Setelah itu saya baru mendengarkan kata hati. Karena tanpa perasaan, kita tidak bisa memenangkan pertandingan," kata Buffon seperti dilansir Football Italia, Kamis (5/8). 

Baca Juga

Penjaga gawang berusia 43 tahun itu mengakui mendapat banyak dukungan dari keluarga selama mengarungi karier di level tertinggi. Menurutnya, ia tidak akan berada di titik saat ini jika tanpa kehadiran anak-anak dan istrinya. 

"Perjalanan sepak bola saya sudah panjang. Saya terlindung karena anak saya. Selain itu, kehadiran istri juga sangat dekat sehingga saya merasa beruntung," ujarnya. 

Di satu sisi, memilih kembali memperkuat Parma merupakan hal yang paling realistis untuk dirinya saat ini. Buffon tidak ingin menargetkan hal muluk-muluk saat memutuskan pulang ke tim yang membesarkan namanya tersebut. 

"Saya tidak punya kesepakatan lain dengan klub. Ini menjadi momen kedua bagi saya kembali ke Serie B. Sebelumnya saya pernah berada di sana pada 2006 lalu. Saya juga bisa jika harus bermain di liga amatir," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA