Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Kegiatan Pengabdian, Dosen UBSI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Kamis 05 Aug 2021 21:25 WIB

Red: Irwan Kelana

Dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan jurnalistik yang diikuti  peserta dari Pemuda Persatuan Islam (Persis) Depok  dan masyarakat umum, Kamis (5/8).

Dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan jurnalistik yang diikuti peserta dari Pemuda Persatuan Islam (Persis) Depok dan masyarakat umum, Kamis (5/8).

Foto: Dok UBSI
Pelatihan jurnalistik diikuti pemuda dan masyarakat  umum Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dengan  menggelar pelatihan jurnalistik, Kamis (5/8). Pelatihan itu diikuti  peserta dari Pemuda Persatuan Islam (Persis) Depok serta masyarakat umum.

Kegiatan yang digelar secara daring ini  merupakan wujud nyata dari pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Melalui pengabdian ini diharapkan peran perguruan tinggi dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri.

Maya May Syarah  SSos MSi, ketua pelaksana yang merupakan dosen Ilmu Komunikasi Universitas BSI mengatakan,  pelatihan ini dimaksudkan agar masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang teknologi dan media. Dalam hal ini, masyarakat sebagai khalayak atau audiens diharapkan mampu menjadi konsumen yang kritis dan bijak serta tepat dalam bermedia serta dapat memiliki keterampilan dalan membuat tulisan jurnalistik. 

"Target dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan motivasi kepada masyarakat mitra dalam meningkatkan kemampuan dalam hal literasi media (melek media). Suatu istilah yang digunakan sebagai jawaban atas maraknya pandangan masyarakat tentang pengaruh dan dampak yang timbul akibat isi atau konten media massa, yang cenderung negatif dan tidak sesuai dengan harapan. Perlu diberikan suatu kemampuan, pengetahuan, kesadaran dan keterampilan secara khusus kepada khalayak sebagai penikmat media," katanya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/8).

Menurut Maya, para pemateri dari pelatihan ini tidak hanya berlatar belakang akademisi, melainkan juga praktisi yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia media. Salah satunya adalah Subroto Kardjo, redaktur pelaksana dari Harian Republika. Selain itu ada  Sri Wulandari, pendiri website berita AKSI KATA dan Fahmy  Fotaleno dari website berita Indozone, yang  juga  berkiprah sebagai dosen di Universitas BSI. Ditambah dengan dua mahasiswa, yakni Angga Milleniawan Dwiharjo dan  Syifa Dwi  Indriani 

Dalam pemaparannya saat menyampaikan materi, Subroto  menjelaskan tentang langkah-langkah awal bagi para pemula untuk mulai menulis atau meliput suatu berita. Ada empat langkah yang disebutkan yakni menentukan angle, membuat judul, menulis lead (teras berita) dan membuat badan berita.

Subroto juga menyinggung soal banyaknya beredar informasi di media sosial yang belum tentu kebenarannya. Karena itu, para pemuda diharapkan lebih memperhatikan lagi apakah informasi itu hoaks atau bukan dengan cara melihat apakah unsur-unsur kaidah penulisan berita terpenuhi atau tidak.

Sementara itu, Ketua Pemuda Persis Kota Depok Zulfikar menjelaskan, tujuan dari pelatihan jurnalistik ini adalah untuk menjaring para pemuda yang berminat di dunia jurnalistik agar mendapatkan ilmu dasar tentang bagaimana cara menulis. 

"Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan terima  kasih kasih pada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelatihan ini. Terutama kepada pemateri Bapak Subroto dan Ibu Maya dari Universitas BSI yang telah memberikan ilmunya kepada para peserta," ujar Zulfikar.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai komunitas yang ada di Kota Depok dan sekitarnya. Pelatihan berjalan selama tiga  jam, dimulai pada pukul 9.00 dan selesai pada pukul 12.00.

Pada akhir pelatihan panitia memberikan tugas ke peserta untuk membuat judul dari suatu berita. Judul yang menarik akan mendapatkan voucher yang disiapkan panitia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA