Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

UI Resmikan Sentra Vaksin Mahasiswa, Target 25 Ribu Peserta

Jumat 06 Aug 2021 01:10 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sejumlah pengendara ojek daring mengantre untuk vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi, RSUI, Depok, Jawa Barat.  Universitas Indonesia (UI) meresmikan sentra vaksinasi mahasiswa Indonesia di Sarana Olah Raga (SOR), Kampus UI Depok, Kamis (5/8). Aktivitas ini sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia.

Sejumlah pengendara ojek daring mengantre untuk vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi, RSUI, Depok, Jawa Barat. Universitas Indonesia (UI) meresmikan sentra vaksinasi mahasiswa Indonesia di Sarana Olah Raga (SOR), Kampus UI Depok, Kamis (5/8). Aktivitas ini sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia.

Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sentra vaksinasi UI terbuka bagi seluruh mahasiswa di Jabodetabek dan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) meresmikan sentra vaksinasi mahasiswa Indonesia di Sarana Olah Raga (SOR), Kampus UI Depok, Kamis (5/8). Aktivitas ini sebagai bentuk nyata dukungan percepatan kekebalan komunal atau herd immunity di Indonesia.

Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI) UI dilakukan oleh Rektor UI Prof Ari Kuncoro dan dihadiri oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Prof Nizam dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial, dan juga sebagai Waka 3 Satgas Covid-19 Kota Depok Sri Utomo serts para dekan dari 17 fakultas/sekolah pascasarjana/ program vokasi. 

Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengapresiasi inisiatif UI dalam kegiatan vaksinasi mahasiswa Indonesia. "TNI Angkatan Udara, membantu dalam penyiapan tim kesehatan (Nakes) dan tim vaksinator serta mendukung penyiapan ambulans dalam kegiatan tersebut," ujarnya.

Sementara Ari Kuncoro mengatakan, untuk mendukung target Pemerintah melaksanakan vaksinasi dua juta dosis per hari, UI bersinergi dengan berbagai mitra berupaya untuk membangun sentra vaksinasi yang dinamakan dengan Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia (SVMI).

"Peresmian Sentra Vaksinasi Mahasiswa Indonesia ini, diharapkan dapat menjadi role model kerja sama pentahelix yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat," ujarnya.

Menurut Ari, SVMI mendapat dukungan dari Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dalam menyiapkan 25 ribu dosis vaksin Sinovac, dengan rincian kuota sebanyak 1.000 peserta per hari.

"Selain mahasiswa UI, SVMI terbuka bagi mahasiswa se-Jabodetabek dan masyarakat umum yang berusia 12 tahun ke atas, memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan/atau ber-KTP Indonesia. Para peserta yang hendak mengikuti program ini dapat mendaftarkan melalui reservasi.ehealth.co.id/kliniksatelitui," jelasnya.

Lanjut Ari, sebanyak 120 orang tenaga kesehatan Klinik Satelit UI Makara, relawan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 15 orang tenaga kesehatan dari RSAU dr. Esnawan Antariksa, Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) I, dan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas), ikut dalam pelaksanaan vaksinasi di SVMI ini. 

"Saya berharap para mahasiswa UI dapat memanfaatkan fasilitas sentra vaksinasi ini, dan Sentra Vaksinasi ini dapat bermanfaat seluas-luasnya bagi UI, Pemkot Depok, dan seluruh masyarakat," harapnya.

Wakil Rektor UI Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA menambahkan, kegiatan vaksinasi telah dilaksanakan sebanyak tiga batch, dimulai pada 21-23 Juli 2021 (untuk batch pertama), 28-30 Juli (batch kedua) dan batch ke-3 dengan total akumulasi target penerima vaksin sebanyak 25 ribu orang. 

"Pada batch satu dan batch dua, SVMI telah melaksanakan sebanyak 2.279 orang tervaksin. Sedangkan untuk batch tiga yang dimulai hari ini, jumlah pendaftar total dalam empat hari ke depan sebanyak 4.585 orang dengan peserta mahasiswa baru UI sebanyak 393 mahasiswa baru angkatan 2021," ucapnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA