Kamis 05 Aug 2021 17:59 WIB

Kapolri: HUT RI Ke-76 Jadi Momentum Percepat Vaksinasi

Program vaksinasi Merdeka Candi menargetkan 608 ribu dosis perhari.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di Gor Jatidiri Semarang, Kamis (5/8).
Foto: Istimewa
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi di Gor Jatidiri Semarang, Kamis (5/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Usai meninjau vaksinasi para buruh Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di PT Kahatex, Sumedang, Jawa Barat, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bertolak ke Semarang, Jawa Tengah. 

Keduanya meninjau pelaksanaan Program Vaksinasi Merdeka Candi di wilayah aglomerasi Semarang Raya.  Program ini merupakan upaya akselerasi vaksinasi sebagai hadiah di Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

Kapolri mengungkapkan, berdasarkan laporan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, program Vaksinasi Merdeka Candi ini digelar sampai 17 Agustus 2021 mendatang dengan target 608 ribu dosis per hari. "Artinya dalam satu hari akan dilaksanakan vaksinasi sejumlah 150 ribu dosis satu hari. Ini akan kami lihat pelaksanaannya," ujar Sigit, Kamis (5/8).

Eks Kabareskrim Polri itu mengatakan, vaksinasi menjadi hal penting, mengingat angka kasus Covid-19 di Tanah Air masih cukup tinggi. "Ini dilakukan untuk menekan laju Covid-19 agar bisa dikendalikan," katanya. 

Diingatkan Sigit, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi menyampaikan  target vaksinasi yang harus dicapai di bulan Agustus ini mencapai angka 2 juta. 

"Kita ingin akselerasi vaksinasi ini betul-betul dilaksanakan dengan mengambil momen yang ada di hari kemerdekaan dan kita harapkan Vaksinasi Merdeka betul-betul bisa melakukan percepatan dalam kegiatan vaksinasi," tegas Sigit. 

Mantan Kapolda Banten itu menjelaskan, selain vaksinasi, upaya lain yang harus dilakukan untuk menekan laju penularan virus Corona adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.  Upaya lainnya, menggenjot pelaksanaan 3T alias testing, tracing, dan treatment. 

Upaya-upaya ini tengah dilaksanakan dan ditingkatkan. Harapannya, angka kasus dan kematian akibat Covid-19 bisa ditekan.  Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta seluruh komponen anak bangsa untuk bersama-sama bersatu melawan Covid-19. "Kuncinya kebersamaan. Seluruh komponen masyarakat bersama-sama memiliki kesadaran kolektif yaitu disiplin 3M dan 3T," imbaunya. 

Program Vaksinasi Merdeka Candi ini digelar di 951 titik gerai vaksinasi yang tersebar di Polres, Kodim, Puskesmas, dan RSUD di Jawa Tengah. Sebanyak 7.587 vaksinator gabungan dilibatkan, terdiri dari TNI, Polri dan relawan tenaga kesehatan. 

Hari ini, ditargetkan sebanyak 153.800 dosis vaksin disuntikkan ke masyarakat. Sementara dari tanggal 6 hingga 17 Agustus 2021, targetnya sebanyak 76 ribu dosis per hari dengan target akhir 685.800 dosis vaksin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement