Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Puasa di Bulan Muharram Menurut Hadist

Kamis 05 Aug 2021 17:37 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Puasa di Bulan Muharram Menurut Hadist. Foto: Ilustrasi Berpuasa

Puasa di Bulan Muharram Menurut Hadist. Foto: Ilustrasi Berpuasa

Foto: Prayogi/Republika
Ada beberapa hadits soal puasa di bulan Muharram.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat Islam akan menyambut tahun baru Islam yakni 1 Muharram 1443 Hijriyah yang jatuh pada 10 Agustus 2021. Mengenai bulan Muharram, terdapat hadist tentang puasa di salah satu bulan yang mulia ini.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ عَلِيٍّ عَنْ زَائِدَةَ عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ حُمَيْدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْحِمْيَرِيِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ قَالَ شَهْرُ اللَّهِ الَّذِي تَدْعُونَهُ الْمُحَرَّمَ

Baca Juga

Abu Hurairah mengatakan, "Seorang laki-laki datang menemui Nabi Muhammad SAW dan bertanya: Puasa apakah yang paling utama setelah puasa Ramadhan? Nabi Muhammad SAW bersabda: Bulan Allah yang kalian sebut Al Muharram." (Sunan Ibnu Majah).

Dalam pandangan Ustaz Ahmad Zarkasih Lc dalam bukunya berjudul Muharram Bukan Bulan Hijrahnya Nabi terbitan Rumah Fiqih Publishing, puasa di bulan Muharram adalah salah satu bentuk pemuliaan atau pernghormatan kepada bulan-bulan haram (mulai), yakni bulan Dzulqadah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Menurutnya, selain untuk memuliakan apa yang Allah SWT muliakan, berpuasa dan memperbanyak amal di bulan haram adalah upaya memanfaatkan waktu yang Allah SWT sediakan banyak pahala di dalamnya. Bulan-bulan haram adalah bulan mulia, puasa di dalamnya juga disyariatkan karena memang ada riwayat yang secara eksplisit mensyaratkan itu.

Ia menerangkan, puasa yang dimaksud adalah puasa secara mutlak, artinya puasa dengan waktu yang tidak tertentu. Maka boleh puasa di hari ke berapapun dalam bulan-bulan haram, karena memang itu disunnahkan. Jadi kalau ada yang melarang orang lain untuk puasa di bulan-bulan haram, bisa jadi ia tidak tahu kemuliaan bulan yang dimuliakan Allah SWT.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA