Kamis 05 Aug 2021 16:41 WIB

Survei: Keterlibatan Perempuan di Masjid-Masjid AS Meningkat

Keterlibatan perempuan di masjid-masjid di Amerika Serikat meningkat.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Masjid di Amerika Serkat
Foto: Google.com
Masjid di Amerika Serkat

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Survei rumah ibadah Amerika baru-baru ini mengungkapkan keterlibatan perempuan di masjid-masjid di Amerika Serikat meningkat. Menurut penelitian baru, dilansir di laman resmi Pew Research Center, Kamis (5/8), persentase masjid di mana wanita dewasa mencapai lebih dari seperempat dari semua peserta sholat Jumat meningkat antara 2011 dan 2020.

Perempuan mewakili lebih dari seperempat peserta di hanya 14 persen dari masjid-masjid AS pada 2011. Persentase itu meningkat menjadi 21 persen dari masjid-masjid AS pada 2020.

Penelitian itu dilakukan oleh Ihsan Bagby, seorang associate profesor studi Islam, sebagai bagian dari penelitian Faith Communities Today (FACT) 2020. Meskipun ada peningkatan, laki-laki terus menjadi bagian terbesar dari peserta sholat Jumat di sebagian besar masjid AS.

Laki-laki merupakan mayoritas jamaah sholat Jum'at di 94 persen masjid, dan tidak ada masjid di mana laki-laki membentuk kurang dari tiga dari sepuluh peserta sholat Jumat. Survei tersebut juga menemukan bahwa sementara 44 persen masjid tidak terdapat anak pada sholat Jumat (yang biasanya terjadi pada hari sekolah), anak-anak hadir di 55 persen dari masjid-masjid AS.

Porsi wanita yang relatif kecil di antara jamaah masjid saat sholat Jumat ini sejalan dengan hasil survei Pew Research Center sebelumnya terhadap orang dewasa Muslim Amerika. Studi terbaru dari pusat tersebut, yang dilakukan pada 2017, menemukan bahwa wanita Muslim lebih kecil kemungkinannya dibandingkan pria untuk mengikuti ibadah di masjid setiap pekan (37 persen versus 48 persen).

Di samping itu, Muslimah cenderung tidak mengatakan bahwa mereka puas dengan kualitas masjid di mana mereka tinggal (67 persen versus 78 persen), meskipun tidak sedikit kemungkinannya untuk melaksanakan sholat lima waktu (45 persen versus 39 persen).

Setidaknya sebagian ini mungkin mencerminkan pemahaman tradisional di antara banyak Muslim bahwa kehadiran pada sholat Jumat diwajibkan untuk pria tetapi tidak untuk wanita. Memang, di seluruh dunia, pria Muslim sering kali jauh lebih mungkin daripada wanita Muslim untuk mengatakan bahwa mereka secara teratur datang ke masjid. Meskipun, tidak ada kesenjangan gender dalam hal frekuensi sholat atau pentingnya penggambaran diri dari agama dalam kehidupan Muslim di sebagian besar negara yang disurvei.

Meskipun perempuan merupakan bagian yang relatif kecil dari peserta sholat Jumat, studi FACT baru menemukan bahwa sebagian besar masjid AS (55 persen) memiliki kelompok wanita yang berdedikasi, dan sekitar tiga perempat (77 persen) memiliki kegiatan atau program khusus untuk wanita. Pada kedua langkah ini, upaya masjid telah berkembang sejak 2011.

Pada poin itu, hanya 29 persen masjid yang memiliki kelompok perempuan, dan tujuh dari sepuluh (69 persen) masjid memiliki kegiatan atau program khusus untuk perempuan. Perempuan juga telah mendapatkan lebih banyak perwakilan di dewan masjid.

Sekitar sembilan dari sepuluh masjid-masjid AS (88 persen) mengizinkan wanita menjadi dewan pengawas mereka (atau badan administratif serupa), dan 61 persen mengatakan bahwa wanita telah bertugas di dewan masjid di beberapa titik dalam lima tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, satu dekade lalu sekitar tiga perempat masjid (77 persen) mengizinkan perempuan untuk menjabat sebagai dewan direksi. Sementara itu, hanya sekitar setengah (51 persen) yang mengatakan bahwa perempuan telah bertugas di dewan masjid dalam lima tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement