Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Fakta Antonio Banderas yang Jarang Terungkap ke Publik

Kamis 05 Aug 2021 15:23 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Antonio Banderas di Festival Film Cannes ke-72 di Prancis.

Antonio Banderas di Festival Film Cannes ke-72 di Prancis.

Foto: Arthur Mola/Invision/AP
Penyanyi Madonna mengaku pernah sangat terobsesi dengan Antonio Banderas.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sosok aktor Antonio Banderas selalu mengesankan dalam film-filmnya, bahkan di sinema animasi di mana dia hanya mengisi suara. Pria Spanyol yang kini berusia 60 tahun itu juga pernah berperan sebagai Pablo Picasso, Che Guevara, dan Pancho Villa.  

Selama karier beraktingnya, Banderas telah banyak membuktikan kualitasnya. Di balik kesuksesan itu, tetap saja ada sejumlah fakta yang agaknya tidak banyak diketahui khalayak. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari laman Looper, Kamis (5/8):

1. Gemar sepak bola

Sebagian orang Eropa terobsesi dengan sepak bola, termasuk Banderas. Dia memang tidak secara langsung mengatakan pernah bermimpi ingin menjadi pesepakbola profesional, tapi sejumlah biografi menyebutkannya.

Banderas muda jelas menyukai olahraga itu, sebab menurut mantan pelatihnya dia adalah seorang striker yang baik tetapi terlalu sopan. Banderas disebut selalu bermain secara kompetitif hingga kakinya patah pada usia 14 tahun.

2. Dapat peran tanpa bisa bahasa Inggris

Setelah tampil di sejumlah film Spanyol, Banderas dilirik oleh sutradara sekaligus produser Amerika Serikat Arne Glimcher. Sang sineas mengincar Banderas untuk film drama musikal The Mambo Kings karena kualitas sang aktor. 

Masalahnya, kala itu Banderas belum bisa bahasa Inggris. Banderas akhirnya melakukan beberapa tes layar dalam jangka waktu tiga atau empat hari, mempelajari dialog secara fonetis, dan baru belajar bahasa Inggris setelah mendapat peran.

3. Madonna pernah terobsesi padanya

Dalam tayangan semidokumenter Truth or Dare yang rilis pada 1991, penyanyi Madonna mengaku pernah sangat terobsesi dengan Antonio Banderas. Sang diva mengatakan, Banderas merupakan salah satu dari sedikit bintang film yang sangat ingin dia temui dan itu bukan lelucon.

4. Pelopor peran pahlawan

Sebelum era Banderas, rata-rata penjahat di deretan film arus utama AS diperankan aktor Afrika-Amerika dan pria Hispanik seperti dirinya. Dia diberi tahu untuk bersiap memerankan penjahat begitu sampai di AS, namun dia malah mendapat topeng, topi, dan kuda sebagai Zorro.

5. Desainer dan perancang parfum

Selain menjadi aktor, Banderas telah berinvestasi dalam bisnis wine, membantu mahasiswa berkuliah, juga berkecimpung di dunia pariwisata dan kemungkinan bisnis tim sepak bola. Tidak cuma itu, dia juga seorang desainer dan perancang parfum.

Pada 2015, di usia 55 tahun, Banderas memutuskan belajar di sekolah mode dengan mendaftar di Central Saint Martin's London 2015 silam. Setahun setelahnya, dia meluncurkan koleksi pakaian pria. Dia juga merancang parfum, dengan nama seperti Blue Seduction dan The Golden Secret.

6. Pernah kena serangan jantung

Pernah mengalami serangan jantung mengubah cara pandang Banderas tentang hidup. Insiden dua tahun silam itu dia anggap sebagai "sebuah peringatan", tapi juga diyakini sebagai  hal baik sebab memberinya perspektif tentang siapa dirinya.

7. Kesulitan di film Puss in Boots

Bagi Banderas, mengisi suara tokoh Puss in Boots di deretan film Shrek bukan hal yang mudah. Dia semula mencemaskan penerimaan penonton anak-anak mengenai karakter tersebut dan bagaimana aksen bicara yang harus dia aplikasikan.

Dia berupaya mengirim pesan tentang keragaman dan saling pemahaman lewat tokoh kucing tangguh sekaligus menggemaskan itu. Banderas berharap Puss in Boots menjadi inspirasi bagi orang-orang yang ingin berkembang di luar zona nyaman. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA