Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Kala Iblis Lari Kocar-kacir dari Perang Badar

Kamis 05 Aug 2021 15:03 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Kala ‘iblis’ lari kocar-kacir dari Perang Badar. Foto: lokasi Perang Badar (ilustrasi).

Kala ‘iblis’ lari kocar-kacir dari Perang Badar. Foto: lokasi Perang Badar (ilustrasi).

Foto: wikipedia
Perang Badar merupakan perang yang tidak seimbang dari segi jumlah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perang Badar merupakan perang yang tidak seimbang jika diukur dari jumlah pasukan antara kaum Muslim dengan musyrik. Namun demikian, meski pasukan umat Islam jauh lebih sedikit dari musuh, Allah menurunkan bala bantuan berupa malaikat yang membuat iblis di pihak kaum musyrik lari dari medan peperangan.

Syekh Shafiyyurrahman al-Mubarakfuri dalam kitab Sirah Nabawiyah menjelaskan, setelah melihat apa yang dialami orang-orang musyrik tatkala berhadapan dengan pasukan Muslimin yang dibantu para malaikat, maka iblis yang berbentuk Suraqah bin Main bin Ju’syum beranjak melarikan diri dari kancah peperangan.

Baca Juga

Suraqah bin Malik bin Ju’syum yang sejak semula memang menyertai pasukan Quraisy nyatanya beranjak melarikan diri menghadapi kekuatan kaum Muslim. Al-Harits bin Hisyam yang melihat gelagat Suraqah yang hendak melarikan diri itu lalu segera memeganginya.

Tentu saja ia mengira iblis itu benar-benar Suraqah. Dia berkata, “Mau ke mana kamu, Suraqah? Bukankah engkau pernah berkata bahwa engkau akan menjadi pendukung kami dan tidak akan meninggalkan kami?”.

Namun, iblis itu memukul dada al-Harits hingga membuatnya terjengkang. Kemudian, Suraqah menjawab, “Sesungguhnya aku telah melihat apa yang tidak kalian lihat. Sesungguhnya aku takut kepada Allah. Siksaan Allah benar-benar amat pedih.” Setelah itu dia lari dan menceburkan dirinya ke laut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA