Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Lima Film Horor dengan Durasi Panjang

Kamis 05 Aug 2021 14:05 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Film It Chapter Two.

Film It Chapter Two.

Foto: Warner Bros Pictures
Film horor kerap mengandalkan penceritaan lebih padat untuk mengemas ketakutan.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film horor lazimnya tidak memiliki durasi yang panjang. Mayoritas tayangan dengan rentang waktu penceritaan ekstra biasanya merupakan sinema bergenre epos atau drama sejarah supaya semua momen penting bisa tercakup.

Sebaliknya, sinema horor kerap mengandalkan penceritaan yang lebih padat untuk mengemas kejutan, ketakutan, dan membangun ketegangan. Elemen-elemen itu sulit dipertahankan jika plotnya berlangsung dalam durasi ekstra.

Meski begitu, tetap saja ada beberapa film horor yang tak lazim dengan durasi panjang dan tetap diminati penonton. Berikut lima judulnya yang terkenal, dikutip dari laman Screen Rant, Kamis (5/8):

1. Philosophy of a Knife (2008) 

photo
Film Philosophy of a Knife. - (TLA Releasing)
 

Drama horor Rusia-Amerika karya penulis atau sutradara Andrey Iskanov ini berdurasi 249 menit. Lebih dari empat jam memang cukup melelahkan untuk ditonton dalam sekali duduk, terutama karena kontennya tidak ringan.

Sinema menampilkan cuplikan arsip aktual dari Perang Dunia II tentang eksperimen manusia nyata yang dilakukan oleh Unit 731, bagian dari Angkatan Darat Jepang. Ada pula wawancara, sulih suara, dan peragaan ulang eksperimen mengerikan.

2. 4bia (2008) 

photo
Film 4bia. - (GMM Tai Hub)
 

Tidak begitu mengejutkan mengapa sinema antologi horor Thailand ini berdurasi 240 menit. Soalnya, ada empat film pendek terpisah yang disajikan bagi para penggemar horor oleh empat sutradara berbeda asal negara tersebut.

Mereka adalah Youngyooth Thongkonthun, Banjong Pisanthanakun, Parkpoom Wongpoom, dan Paween Purijitpanya. Plotnya seputar perempuan kesepian, manuskrip terkutuk, hantu perkemahan, dan pramugari yang menemani mayat di penerbangan.

3. Kwaidan (1964)

photo
Film Kwaidan. - (Toho)
 

Sutradara Jepang Masaki Kobayashi menghadirkan empat segmen cerita dengan durasi 183 menit. Ceritanya mengadaptasi sejumlah kisah garapan penulis Lafcadio Hearn yang terangkum dalam Kwaidan: Stories and Studies of Strange Things.

Deretan cerita menyeramkan itu antara lain "The Black Hair", "The Woman of the Snow", "Hoichi the Earless", dan "In a Cup of Tea". Meski berbentuk sebuah antologi, masing-masing kisah seram yang ditampilkan sama sekali tidak berhubungan.

4. It Chapter Two (2019)

photo
Film It Chapter Two. - (Warner Bros Pictures)
 

Mengadaptasi novel populer Stephen King, film pertama It pada 2017 menjadi hit yang tidak terduga. Sutradara Andy Muschietti melanjutkannya dengan It Chapter Two pada 2019 dengan durasi 170 menit alias hampir tiga jam.

Waktu yang panjang menyesuaikan dengan novelnya yang juga sangat tebal hingga dipecah jadi dua sekuel. Pada sekuel lanjutan, banyak adegan kilas balik selain konflik tentang para anggota Losers Club dewasa yang harus kembali ke Derry menghadapi badut seram Pennywise.

5. Sssshhh... (2003) 

photo
Film Sssshhh... - (Cinevistaa Films )
 

Tidak banyak film slasher asal India yang terkenal, tetapi Sssshhh... merupakan salah satunya. Dengan durasi panjang 163 menit, sinema arahan sutradara Pawan S Kaul ini jelas-jelas banyak terinspirasi film horor klasik Scream.

Sssshhh... memasukkan sejumlah adegan klise dari Scream yang akrab dengan penggemar. Tayangan bercerita tentang pembunuh berantai psikopat yang mengincar korbannya satu per satu di perguruan tinggi India.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA