Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Tips dan Trik Magang Bersertifikat di BUMN

Kamis 05 Aug 2021 14:02 WIB

Red: Gita Amanda

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Sosialiasasi Magang, pada Kamis (29/7)

Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Sosialiasasi Magang, pada Kamis (29/7)

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Tujuan PKL untuk mendapatkan pengalaman kerja dalam waktu terbatas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengadakan kegiatan Sosialiasasi Magang, pada Kamis (29/7) silam. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 14.00-16.00 WIB dengan Moderator Ahmad Yani, dan sesi kedua pukul 19.00-21.00 WIB dipandu oleh Rifky Permana.

Kegiatan yang dilakukan secara daring melalui Zoom ini, mengusung tema “Kiat Sukses Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan”. Adi Supriyatna, selaku Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) yang sekaligus narasumber pada kegiatan ini, menyampaikan beberapa hal penting terkait magang.

Baca Juga

Menurut Adi, Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman Mahasiswa untuk pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan pada semester V (lima). Maka dengan ini, program studi SIA mengadakan kegiatan Sosialiasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan.

“Melalui program magang ini mahasiswa dapat memenuhi setiap kriteria yang dibutuhkan oleh pihak industri bilamana mereka ingin berkarir. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan yang dirintis sejak dari bangku kuliah, salah satunya dengan Praktik Kerja Lapangan (PKL),” tutur Adi dalam rilis yang diterima.

Lanjutnya, tujuan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa ini, untuk mendapatkan pengalaman kerja dalam jangka waktu terbatas pada suatu organisasi bisnis seperti perusahaan, institusi atau lembaga pemerintah, atau organisasi nirlaba seperti organisasi sosial kemasyarakatan. Sosialiasasi Magang ini diikuti oleh 25 Dosen Penasehat Akademik dan 522 Mahasiswa semester IV (empat) Program Studi Sistem Informasi Akuntansi dari kampus utama (Jabodetabek),

“Dalam kegiatan sosialisasi ini dijelaskan topik penting yaitu diawali dengan sosialisasi visi dan misi program studi Sistem Informasi Akuntansi, kemudian dilanjutkan dengan mekanisme pelaksanaan magang/PKL, sosialisasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) sampai dengan penjelasan tentang outline penyusunan proposal dan laporan PKL,” ujar adi.

Dalam kesempatan yang sama, Adi juga berbagi tips dan trik dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. “Sebelum memulai magang terlebih dahulu peserta kami bekali dengan sepuluh tips penting yang kiranya dapat dilakukan seperti  Menentukan Target, Mencari Informasi yang Valid, Belajar dan Terus Belajar, Inisiatif, Membangun Relasi, Temukan Pola/Intinya, Siapkan Mental, Menjaga Sikap, Menjaga Hubungan Baik, Berdoa dan Berusaha,” imbuhnya.

“Jangan pernah takut mencoba sesuatu yang baru, karena dengan mencoba, kalian akan mendapatkan pelajaran berharga. Jadilah orang yang berbeda dari orang lain dan selalu berpikir Out of the Box,” tutup Adi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA