Kamis 05 Aug 2021 13:46 WIB

Ini Atlet Kulit Hitam Pertama Peraih Emas Gulat, Siapa?

Rasanya luar biasa, saya senang bisa mewakili Amerika Serikat.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Tamyra Mensah-Stock
Foto: foxnews
Tamyra Mensah-Stock

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Olimpiade Tokyo kembali mencatatkan sejarah. Kali ini Tamyra Mensah-Stock menjadi atlet wanita kulit hitam pertama yang memenangkan medali emas untuk Amerika Serikat dalam cabang olahraga gulat gaya bebas.

Mensah-Stock adalah atlet unggulan nomor satu berhasil mengalahkan unggulan nomor dua, atlet asal Nigeria, Blessing Oborududu di kelas gulat gaya bebas 68 kilogram putri.

"Rasanya luar biasa, saya senang bisa mewakili Amerika Serikat. Saya sangat senang tinggal disana dan mewakilinya," kata Mensah-Stock dilansir dari laman CBSNews.

Kemenangan itu lebih berarti baginya sebagai persembahan untuk ayahnya yang keturunan Ghana. Ayahnya meninggal dalam kecelakaan mobil saat pulang dari pertandingan gulat ketika Mensah-Stock masih sekolah.

"Dia akan menjadi yang paling heboh di sini, Ghana dan Nigeria adalah rival, dia akan sangat bangga dan bahagia," katanya.

Di sisi lain, atlet berusia 28 tahun ini mengungkapkan kebanggaanya sebagai atlet wanita yang meraih podium tertinggi. Dia membuktikan bahwa wanita bisa mencapai tujuan terbesar.

Ini menjadi Olimpiade pertama Mensah-Stock karena pada Olimpiade Rio 2016, dia tidak memenuhi syarat di kelasnya. Sehingga dia didapuk menjadi mitra pelatihan. Namun akhirnya dia membuktikan dirinya layak mendapatkan medali emas.

"Seratus persen saya tahu saya bisa melakukannya, saya tahu itu akan sulit. Saya berdoa agar bisa melakukannya dan mimpi terliar saya akhirnya terwujud," kata Mensah-Stok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement