Kamis 05 Aug 2021 12:56 WIB

12 Manfaat Daun Pisang Bagi Kesehatan

Daun pisang juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Makanan dibungkus daun pisang yang lebih ramah lingkungan.
Foto: Antara
Makanan dibungkus daun pisang yang lebih ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pisang adalah buah yang bergizi. Bagaimana dengan kulitnya?

Daun pisang juga dianggap bergizi dan sehat dan sering digunakan untuk mengobati penyakit tertentu hingga sebagai bahan kuliner. Daun pisang selama ini dikenal sebagai pembungkus makanan alami dan membuat aroma serta rasa menjadi lebih enak.

Baca Juga

Akan tetapi, daun pisang juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dari daun pisang bagi tubuh manusia, mengutip Boldsky pada Kamis (5/8)

Mengobati pilek dan flu

Pilek dan flu adalah penyakit yang paling banyak terjadi di dunia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman obat, termasuk jenis pisang raja, daun seperti daun pisang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk melawan penyakit tersebut.

Daun pisang memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu mengobati kondisi kecil ini dengan metode pengobatan rumahan.

Menurunkan demam

Sebuah penelitian berbicara tentang efek menguntungkan dari semua bagian pisang terhadap demam, termasuk daunnya. Fitokimia dalam daun pisang dapat membantu mencegah atau mengobati kondisi seperti demam karena efek antipiretik, antimikroba, dan anti-inflamasinya. Minum rebusan daun pisang dianggap menyehatkan.

Alternatif untuk pembalut luka

Menurut sebuah penelitian, daun pisang dijadikan sebagai pembalut luka yang murah dan manjur. Sifat antimikroba dan anti-inflamasi daun pisang sama dengan kain kasa dan petroleum jelly sehingga dapat membantu mengobati luka dalam waktu yang lebih singkat.

sumber : antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement