Kamis 05 Aug 2021 12:25 WIB

Indonesia akan Terima 3 Juta Vaksin Covid-19 dari Prancis

Pengiriman pertama bantuan vaksin Prancis di akhir Agustus sebanyak 1,3 juta dosis

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi
Foto: AP/Jose Luis Magana
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Indonesia akan menerima dukungan sebesar tiga juta dosis vaksin Covid-19 dari Pemerintah Prancis. Dukungan itu merupakan hasil pembicaraan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dengan Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian pada 22 Juli lalu.

"Pengiriman pertama rencananya di akhir Agustus sebanyak 1,3 juta dosis," ujar Menlu Retno pada jumpa pers virtual, Kamis (5/8).

Baca Juga

Retno menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Prancis atas komitmen dukungan vaksin kepada Indonesia. Bantuan vaksin dari Prancis akan menambah stok vaksin Indonesia untuk penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mencatat jumlah vaksin yang telah tiba di Indonesia sebesar 178.357.880 dosis vaksin yang terdiri atas vaksin curah dan vaksin jadi. Vaksin curah sebesar 144.700.280, sementara vaksin jadi sebesar 33.657.600.

Jumlah vaksin tersebut termasuk dari fasilitas berbagi vaksin, Covax sebesar 19.704.960 dosis jadi secara gratis. "Pemerintah akan terus bekerja keras untuk mengamankan pengadaan vaksin bagi kepentingan rakyat Indonesia," ujar Menlu dalam pengarahan sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement