Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah dan Sederhana

Kamis 05 Aug 2021 12:04 WIB

Red: Gita Amanda

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menyelenggarakan webinar bertajuk “Mudah Pemrograman Android”, pada Senin (2/8 ).

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menyelenggarakan webinar bertajuk “Mudah Pemrograman Android”, pada Senin (2/8 ).

Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Pemrograman untuk perangkat Android dengan menggunakan Basic For Android

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMSI) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Purwokerto menyelenggarakan webinar bertajuk “Mudah Pemrograman Android”, pada Senin (2/8 ) lalu. Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Imam Soleh Ma'rifat, yang merupakan salah satu dosen di Universitas BSI kampus Purwokerto.

Webinar dimulai dengan sambutan dari Ka Prodi SI UBSI kampus Purwokerto yaitu Eva Argarini Pratama. Kegiatan webinar ini, dapat memberikan kontribusi dan pengenalan seputar Android kepada mahasiswa.

“Dengan adanya acara ini, diharapkan dapat semakin menambah pemahaman mahasiswa untuk dapat membuat aplikasi Android secara mudah dan sederhana. Sehingga dapat dijadikan sebagai sumber keilmuan, yang memberikan manfaat untuk mampu bersaing di lingkungan akademik atau di dunia kerja,“ ungkap Eva.

Dalam penjelasan materi yang disampaikan, Imam terlebih dahulu memberikan pengenalan materi pemrograman untuk perangkat Android dengan menggunakan Basic For Android (B4A). B4A sendiri merupakan salah satu IDE (integrated development environmet) alternatif selain Android Studio.

“Webinar diselenggarakan sebagai bentuk pengenalan kepada mahasiswa Prodi Sistem Informasi untuk dapat mengenal, memahami bagaimana cara membangun aplikasi Android dengan mudah, ringan, dan cepat,” tutur Imam dalam rilis yang diterima.

Lanjutnya, kegiatan webinar ini dimulai dengan melakukan instalasi program aplikasi B4A terlebih dahulu. Kemudian setelah itu, peserta melakukan instalasi aplikasi memastikan bahwa Bridge B4A dalam status terhubung (connected).

Jelas Imam, Bridge B4A adalah penghubung antara aplikasi program B4A dengan device Android yang dimiliki, dan dapat diakses jika berada dalam network (jaringan) wireless yang sama. Selain itu, juga harus sudah melakukan instalasi aplikasi B4A Bridge yang dapat di unduh secara gratis di Google Playstore.

“Disini peserta dapat mengikuti tahapan demi tahapan pembuatan aplikasi seperti cara membuat projek baru, mendesain tampilan aplikasi, menambahkan objek (view) pada tampilan aplikasi, sampai mengatur kode program yang akan digunakan pada aplikasi. Semua tahapan tersebut dilakukan secara perlahan dengan harapan peserta dapat mampu mengikuti dan memahami kegiatan webinar “Mudah Pemrograman Android,” tutup imam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA