Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Benda yang Perlu Disiapkan Saat Isoman di Rumah

Kamis 05 Aug 2021 11:04 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Benda-benda yang perlu disiapkan saat isoman di rumah (ilustrasi).

Benda-benda yang perlu disiapkan saat isoman di rumah (ilustrasi).

Foto: Republika
Benda-benda ini diperlukan untuk menjaga diri sendiri dan orang di sekitar Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Varian Delta terus menyebar ke seluruh Amerika Serikat (AS) yang mengakibatkan infeksi Covid-19 kembali meningkat. Vaksin masih kuat melawan varian Delta (tetap efektif dalam mencegah penyakit parah dan rawat inap), namun gejala ringan masih mungkin terjadi, terutama di daerah dengan penularan tinggi.

Jika ada anggota keluarga di rumah dinyatakan positif Covid-19, penting untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk meminimalisasi penyebaran baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Ada juga banyak hal penting yang bisa membantu meredakan beberapa gejala Covid-19 termasuk hidung tersumbat, sakit tenggorokan, pilek, dan banyak lagi. Inilah yang dibutuhkan untuk menjaga diri sendiri dan orang-orang sekitar, dilansir di USA Today, Kamis (5/8):

1. Semprotan desinfektan

Jika seseorang di rumah ada yang sakit, CDC merekomendasikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan sebanyak mungkin, terutama jika orang yang terinfeksi menyentuhnya. Ini termasuk permukaan yang sering disentuh seperti meja, gagang pintu, sakelar lampu, meja, pegangan, telepon, keyboard, toilet, keran, dan wastafel.

2. Sabun cuci tangan

Mencuci tangan dengan benar (setidaknya selama 20 detik atau sepanjang lagu "Happy Birthday" dua kali) adalah kuncinya. CDC merekomendasikan untuk sering mencuci tangan, tetapi terutama sebelum makan atau menyiapkan makanan, setelah menggunakan kamar kecil, setelah meninggalkan tempat umum, setelah membersihkan hidung, batuk, atau bersin, setelah memegang masker, dan ketika merawat seseorang yang sakit.

3. Termometer

Demam bisa menjadi tanda infeksi Covid-19. Memiliki termometer di rumah adalah suatu keharusan akhir-akhir ini untuk memantau suhu jika kita atau anggota keluarga sedang tidak enak badan. Plus, itu juga akan berguna untuk musim dingin dan musim flu.

4. Tisu

Gejala Covid-19 bisa menyebabkan batuk, CDC menyebutkan kemungkinan gejala Covid-19 lainnya seperti hidung tersumbat, pilek, dan sakit tenggorokan, di antara gejala lainnya. Sekotak tisu sangat baik untuk menutupi bersin atau batuk. Tisu Puffs Ultra Soft adalah tisu terbaik dan tidak akan mengiritasi hidung.

5. Masker

Banyak orang tidak memakai masker wajah di dalam rumah mereka sendiri. Jika seseorang di rumah ada yang positif Covid-19, maka mulailah memakai masker. Masker tidak hanya membantu mencegah penyebaran corona, tetapi juga bisa melindungi pemakainya dari virus dengan menurunkan paparan mereka terhadap tetesan yang terinfeksi melalui penyaringan masker.

6. Pelembap dan pembersih udara

Menurut CDC, pelembab udara bisa membantu meringankan beberapa gejala corona seperti batuk dan sakit tenggorokan. Meskipun tidak dijamin untuk mencegah paparan virus, ini bisa membantu mengurangi penularan melalui udara bila digunakan dengan praktik terbaik sanitasi lainnya seperti mencuci tangan dan disinfektan.

7. Sarung tangan sekali pakai

CDC merekomendasikan untuk mengenakan sarung tangan sekali pakai saat mendisinfeksi permukaan atau menangani barang-barang seperti kantong sampah, piring kotor, atau tisu, terutama saat membersihkan tempat setelah orang sakit. Pastikan segera membuang sarung tangan setelah menggunakannya dan cuci tangan untuk perlindungan terbaik.

8. Oksimeter

Untuk membantu memantau gejala Covid-19 untuk diri sendiri atau anggota keluarga, Anda bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan oksimeter. Perangkat medis ini menempel pada jari untuk mengukur saturasi oksigen dalam darah, yang diyakini para ahli bisa menjadi pengukur penurunan kapasitas paru-paru, yang merupakan gejala umum Corona.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA