Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Arab Saudi Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Kamis 05 Aug 2021 05:50 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Muhammad Fakhruddin

Arab Saudi Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel. Bendera Israel dan Arab Saudi. (Ilutrasi)

Arab Saudi Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel. Bendera Israel dan Arab Saudi. (Ilutrasi)

Foto: google.com
Israel telah melakukan normalisasi hubungan dengan empat negara Arab.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH -- Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Faisal Bin Farhan, telah menolak kemungkinan normalisasi hubungan dengan Israel. Dia mengatakan bahwa, keinginan Palestina untuk membentuk sebuah negara harus diselesaikan terlebih dahulu.

"Cara terbaik untuk membangun semangat itu adalah menemukan jalan untuk memecahkan masalah Palestina, dan menemukan jalan menuju negara Palestina," kata Faisal Bin Farhan. 

“Tanpa menyelesaikan konflik Palestina-Israel dalam jangka panjang yang berkelanjutan, kita tidak akan memiliki keamanan berkelanjutan yang nyata di kawasan ini," ujar Faisal, dilansir Middle East Monitor, Kamis (5/8).

Israel telah melakukan normalisasi hubungan dengan empat negara Arab yaitu Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko. Normalisasi itu dijembatani oleh Amerika Serikat (AS) melalui Kesepakatan Abraham atau Abraham Accord, yang diinisiasi di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump.

Kesepakatan itu mendapatkan kecaman dari Palestina. Para pemimpin Palestina mengatakan, negara-negara yang melakukan normalisasi telah meninggalkan posisi bersatu, di mana negara-negara Arab akan berdamai setelah solusi dua negara tercapai.  Negosiasi Palestina dan Israel untuk mencapai solusi dua negara telah menemui jalan buntu selama bertahun-tahun. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA