Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

5 Kiat Merawat Mobil di Masa PPKM

Kamis 05 Aug 2021 04:03 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda

Meski jarang digunakan di masa PPKM, mobil perlu mendapatkan perawatan yang baik. (ilustrasi).

Meski jarang digunakan di masa PPKM, mobil perlu mendapatkan perawatan yang baik. (ilustrasi).

Foto: Piqsels
Mobil sebaiknya dipanaskan minimal satu kali per pekan selama 10-20 menit.

REPUBLIKA.CO.ID, Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. Selama PPKM berlangsung, banyak pemilik mobil yang bepergian sehingga kendaraan roda empat mereka lebih sering terparkir lama di garasi rumah.

Meski jarang digunakan di masa PPKM, mobil perlu mendapatkan perawatan yang baik. Dengan begitu, kondisi mobil akan tetap optimal ketika digunakan di kemudian hari.

Daihatsu memiliki beberapa tips agar mobil tetap dalam kondisi prima meski tak digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama. Berikut ini adalah kelima tips ala Daihatsu tersebut, seperti disampaikan dalam rilis yang diterima Republika.

Memanaskan mobil secara teratur

Mobil sebaiknya dipanaskan minimal satu kali per pekan selama 10-20 menit. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki. Mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya. Saat memanaskan mobil, pastikan asap knalpot mobil tidak mengarah langsung ke dalam rumah.

Menjaga tekanan angin ban mobil

Pemilik mobil bisa menambahkan tekanan angin sekitar 5 persen dari tekanan angin normalnya. Saat memanaskan mobil, pemilik mobil juga disarankan untuk menggerakkan kendaraan maju-mundur.

Metode ini bertujuan agar beban kendaraan pada permukaan bidang band apat bertumpu secara merata. Dengan begitu, kerusakan ban karena flat spot bisa dicegah.

Memilih area parkir mobil yang tepat

Garasi rumah merupakan pilihan area parkir yang terbaik. Namun bila pemilik mobil tak memiliki garasi, mobil sebaiknya diparkir di area yang tidak terpapar matahari secara langsung. Salah satu contohnya adalah di bawah pohon. Hal ini penting untuk diperhatikan agar cat mobil tidak pudar dan kusam.

Pastikan pula lokasi parkir aman dan terpantau. Tambahkan kunci setir pada mobil bila dirasa perlu.

Transmisi dan rem parkir mobil

Dua hal ini juga harus diperhatikan dengan seksama. Demi keamanan, aktifkan rem parkir meski kendaraan terparkir atau berhenti di bidang jalan yang rata. Khusus untuk mobil transmisi automatic, pastikan tuas transmisi berada pada posisi P (parking) untuk mencegah mobil bergerak saat diparkir.

Jaga kebersihan mobil

Kebersihan bagian luar dan dalam mobil perlu dijaga dengan cara mencuci sisi eksterior dan interior mobil secara berkala. Periksa dengan teliti agar tak ada makanan sisa atau kotoran yang tertinggal di dalam mobil untuk menghindari adanya virus atau bakteri yang menempel.

"Semoga tips ini dapat membantu Sahabat dalam menjaga mobil selama masa perpanjangan PPKM, supaya tetap dalam kondisi prima pada saat akan digunakan”, ujar Bambang Supriyadi,Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam siaran persnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA