Rabu 04 Aug 2021 22:19 WIB

Mengenal Zainab binti Jahsy

Mengenal Zainab binti Jahsy

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Mengenal Zainab binti Jahsy. Foto: Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Mengenal Zainab binti Jahsy. Foto: Ilustrasi Muslimah

IHRAM.CO.ID,JAKARTA – Nama aslinya adalah Zainab binti Jahsy, sedangkan ia lebih akrab disapa dengan sebutan Ummu Al-Hakam. Wanita mulia ini adalah salah satu dari istri Nabi yang memiliki keistimewaan.

Imad Al-Hilali dalam buku Ensiklopedia Wanita Alquran menjelaskan, Sayyidah Zainab merupakan putri dari Umayah binti Abdul Muthalib bin Hasyim, atau bibi Nabi Muhammad SAW. Beliau juga merupakan cucu dari Abdul Muthalib.

Baca Juga

Sayyidah Zainab dilahirkan di Makkah, 33 tahun sebelum Nabi Muhammad SAW diutus. Sebelumnya, beliau kerap disapa dengan panggilan Barrah. Namun kemudian namanya diganti oleh Nabi Muhammad menjadi Zainab.

Sayyidah Zainab adalah salah seorang istri Nabi dan termasuk wanita terkemuka pada awal-awal Islam. Dia seorang Muslimah generasi awal dan sahabat wanita yang turut berhijrah. Beliau dikenal dengan kesalehan, kebaikan, dan kemurahan hatinya di jalan Allah.

Di sisi lain, Sayyidah Zainab juga dikenal dengan kecantikan parasnya. Bersama Nabi Muhammad SAW, beliau hijrah dari Makkah ke Madinah. Sebelum menikah dengan Nabi, Sayyidah Zainab dinikahkan oleh Nabi dengan anak angkat Nabi bernama Zaid bin Haritsah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement