Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Rekomendasi Diet untuk Diabetesi Usai Vaksinasi Covid-19

Kamis 05 Aug 2021 00:29 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Vaksinasi Covid-19. Diabetesi perlu menjaga asupan makanannya usai mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksinasi Covid-19. Diabetesi perlu menjaga asupan makanannya usai mendapatkan vaksin Covid-19.

Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Diabetesi penting untuk mendapatkan vaksin Covid-19 untuk cegah komplikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyandang diabetes diketahui memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi bila tertular Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi sangat dianjurkan bagi para penyandang diabetes untuk menurunkan risiko komplikasi tersebut.

"Individu dengan diabetes, khususnya, harus mendapatkan vaksinasi untuk menurunkan risiko mereka mengalami komplikasi terkait Covid-19," jelas dokter senior spesialis diabetes Dr Anil Reddy dari Lord Hospital, seperti dikutip dari Indian Express, Rabu (4/8).

Di sisi lain, efek samping yang bisa timbul setelah vaksinasi mungkin membuat sebagian penyandang diabetes merasa khawatir atau enggan untuk divaksinasi. Terkait hal ini, Dr Reddy mengungkapkan ada beberapa hal yang dapat membantu diabetesi mengelola efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19.

Hal yang penting untuk dilakukan adalah menjalani pola makan atau diet yang seimbang untuk penyandang diabetes. Penerapan diet yang seimbang dapat membantu memelihara kadar gula darah tetap stabil. Asupan makan juga memainkan peran penting dalam membangun dan meningkatkan imunitas.

Dr Reddy mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan imunitas dan memiliki sifat antiinflamasi. Berikut rekomendasinya.

Ikan

Baca Juga

Ikan kaya akan lemak omega-3 yang membantu meningkatkan imunitas. Ikan juga dapat membantu menurunkan inflamasi.

Telur

Telur juga direkomendasikan oleh Dr Reddy karena merupakan sumber protein yang kaya dan dapat membantu membangun imunitas. Telur pun memiliki kandungan asam amino esensial yang memperkuat sistem imun.

Ayam

Makanan lain yang dianjurkan Dr Reddy untuk penyandang diabetes yang baru divaksinasi adalah ayam. Olahan sup ayam dapat memberikan manfaat antiinflamasi.

Daging ayam juga memiliki kandungan lemak yang minimal sehingga cocok unutk penyandang diabetes dan hipertensi. Ayam memiliki kandungan protein yang kaya, sehingga dapat dikonsumsi dua atau tiga kali per pekan setelah vaksinasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA