Rabu 04 Aug 2021 12:14 WIB

Semester I 2021, Laba CIMB Niaga Syariah Naik 35 Persen

Total penyaluran pembiayaan pada semester pertama 2021 mencapai Rp 33,1 triliun.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Petugas melayani transaksi nasabah di Bank CIMB Niaga Syariah, Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Petugas melayani transaksi nasabah di Bank CIMB Niaga Syariah, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- CIMB Niaga Syariah mencatat kenaikan laba 35 persen pada kuartal II 2021. Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk, Pandji P Djajanegara menyampaikan kinerja keuangan CIMB Niaga Syariah mengalami peningkatan dengan total laba sebelum pajak mencapai sebesar Rp 851 miliar per 30 Juni 2021.

"Laba meningkat sebesar 35 persen pada kuartal II 2021 secara tahunan (yoy)," katanya pada Republika.co.id, Rabu (4/8).

Peningkatan tersebut dikontribusi oleh sejumlah faktor. Total penyaluran pembiayaan pada semester pertama 2021 tercatat sebesar Rp 33,1 triliun, tumbuh 3,5 persen (ytd) dibandingkan dengan posisi Desember 2020. Pandji mengatakan penyaluran pembiayaan pada tahun 2021 difokuskan pada segmen Consumer Banking dan UKM.

Segmen Consumer Banking ini mencakup lebih dari setengah total portofolio pembiayaan CIMB Niaga Syariah. Hal tersebut didukung dengan pertumbuhan pada produk mortgage atau pembiayaan perumahan, otomotif, dan personal financing yang secara total tumbuh sebesar 20 persen (ytd). Selain itu, segmen UMKM juga tumbuh sebesar 14 persen (ytd).

"Pada semester kedua 2021, kami optimistis dapat meningkatkan portofolio penyaluran pembiayaan CIMB Niaga Syariah," katanya.

Pandji mengatakan CIMB Niaga telah menyesuaikan fokus strategi pertumbuhan pembiayaan dan profitabilitas sejak kuartal ketiga 2020. Setelah mempertimbangkan dampak dari pandemi COVID-19 yang mulai mencuat dari kuartal pertama 2020.

Sehingga, target pertumbuhan aset serta pembiayaan pada tahun 2021 direncanakan dengan lebih prudent dan berfokus pada pengelolaan kualitas aset. Pandji mengatakan melihat dari pencapaian profitabilitas CIMB Niaga Syariah pada semester pertama 2021 yang tumbuh di atas target, ini menunjukkan bahwa kinerja CIMB Niaga Syariah masih sejalan dan memenuhi target 2021.

Setidaknya ada empat strategi CIMB Niaga Syariah dalam mendorong pertumbuhan kedepan. Antara lain, pertama, meningkatkan portofolio dana murah. Kedua, mengarahkan penyaluran pembiayaan ke segmen Consumer Banking dan UKM. Ketiga, mengembangkan ekosistem komunitas dan partner-partner komunitas CIMB Niaga Syariah. 

Keempat, mengembangkan produk-produk dengan kekhususan Syariah. Selain itu, sebagai Unit Usaha Syariah dengan fasilitas perbankan digital yang lengkap, CIMB Niaga Syariah terus mengoptimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experience, diantaranya melalui OCTO Mobile yang dirancang layaknya Super App.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement