Rabu 04 Aug 2021 12:59 WIB

6 Jenis Kacang untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk rambut (Foto: ilustrasi kacang almond)
Foto: Flickr
Kacang almond selama ini dikenal dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk rambut (Foto: ilustrasi kacang almond)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kacang selalu ada di daftar makanan-makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kacang renyah dapat dimakan sebagai camilan di antara waktu makan atau dapat ditambahkan ke hidangan pilihan Anda. 

Dilansir dari Times of India, pada Rabu (4/8), kacang kaya akan nutrisi. Setiap kacang yang Anda tambahkan ke dalam makanan Anda memiliki beberapa nutrisi khusus yang membantu organ Anda berfungsi lebih efisien.  

Baca Juga

Kacang mete, almond atau kenari, apa pun yang Anda pilih, tidak memberi Anda manfaat kesehatan yang sama.  Jadi, ketika Anda memiliki tujuan kesehatan tertentu, Anda perlu membuat pilihan yang sesuai.  Untuk tujuan membangun kekebalan, beberapa kacang lebih baik daripada yang lain.  

Berikut kacang yang bisa meningkatkan imun dalam tubuh yaitu :

Almond

Almond adalah kacang paling sehat dari semuanya.  Kaya akan protein dan mineral penting menjadikan almond salah satu kacang yang paling direkomendasikan untuk anak-anak. Kacang yang renyah dan lezat ini sangat kaya akan Vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.  

Mengkonsumsi lima sampa enam almond yang direndam dan dikupas di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan, mengurangi peradangan dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Kenari

Populer dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, kenari sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kacang pohon ini sebagian besar dikaitkan dengan adanya asam lemak Omega 3.  

Nutrisi ini berfungsi sebagai anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.  Mereka meningkatkan kekebalan dan meningkatkan metabolisme.  Selain itu, kenari juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, otak dan sperma.

Kacang Brazil

Kacang pohon asli Amazon dikenal karena teksturnya yang lembut, bermentega dan rasanya seperti kacang.  Sebagian besar manfaat kesehatan yang kuat dari kacang Brazil adalah karena adanya selenium, unsur penting untuk berfungsinya tubuh Anda.  Kacang brazil mengandung jumlah selenium tertinggi daripada kacang lainnya.  

Setiap kacang mengandung sekitar 96 mcg selenium dan beberapa varietas dapat memiliki sebanyak 400 mcg per kacang. Segenggam kacang brazil setiap hari dapat meningkatkan fungsi tiroid Anda, mengurangi peradangan dan melindungi jantung serta otak Anda dari beberapa penyakit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement