Rabu 04 Aug 2021 10:01 WIB

Tanda Anda Mungkin Idap Kanker Paru-Paru

Aktris asal AS, Kathy Griffin menderita kanker paru-paru meski tidak pernah merokok.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kanker paru-paru
Kanker paru-paru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker menjadi penyakit mematikan yang menakutkan. Namun terkadang kemunculannya juga tidak terduga.

Seperti halnya yang dialami komedian sekaligus aktris Amerika Serikat (AS), Kathy Griffin yang menderita kanker paru-paru. Padahal, dia mengaku tidak pernah merokok.

“Ya, saya menderita kanker paru-paru meskipun saya tidak pernah merokok. Para dokter sangat optimistis karena ini adalah stadium satu dan terdapat di paru-paru kiri saya,” kata Griffin, dikutip Eat This Not That!, Rabu (4/3).

Meski begitu, ada tanda-tanda peringatan kanker paru-paru yang dapat diwaspadai setiap orang, menurut Mayo Clinic, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA: Ini Tiga Sayuran Paling Menyehatkan

1. Nyeri dada atau tulang rusuk

Kanker paru-paru adalah kanker paling umum kedua di Amerika Serikat. "Salah satu gejala kanker paru-paru adalah nyeri tulang rusuk atau nyeri dada yang semakin parah saat bernapas dalam-dalam, batuk, atau tertawa," lapor Medical News Today. Gejala lain yang harus diwaspadai termasuk batuk darah atau dahak, sesak napas, dan mengi.

2. Jenis biasa atau tajam

Pada pasien kanker paru-paru, nyeri akut sering dirasakan di daerah dada dan lumbal (punggung bawah) tubuh, menurut laman LungCancer.net. Sekitar 20 persen pasien dengan kanker paru-paru mengalami nyeri dada pada saat diagnosis, dan nyeri meningkat dalam keparahan sebagai kemajuan kanker paru-paru, dengan pasien pada tahap selanjutnya merasakan lebih banyak rasa sakit.

3. Nyeri dapat terjadi saat bernapas

"Nyeri di dada, punggung, atau bahu yang memburuk saat batuk, tertawa, atau bernapas dalam-dalam adalah salah satu efek kanker paru-paru, lapor Cancer Center.

BACA JUGA: Herbal Ustadz Adi Hidayat untuk Covid-19, Qusthul Hindi?

4. Batuk

Gejala awal kanker paru-paru kemungkinan berupa batuk ringan atau sesak napas, tergantung bagian mana dari paru-paru yang terkena. Saat kanker berkembang, gejala ini bisa menjadi lebih parah atau intens. Seperti banyak jenis kanker lainnya, kanker paru-paru. juga dapat menyebabkan gejala sistemik, seperti kehilangan nafsu makan atau kelelahan umum.

5. Infeksi pernapasan 

Tumor paru-paru dapat menyumbat jalan napas, sering menyebabkan infeksi seperti bronkitis dan pneumonia, menurut laporan Johns Hopkins. Batuk berdarah juga bisa terjadi pada penderita. Bahkan jika itu hanya sedikit darah, batuk darah atau lendir berdarah, yang perlu segera menghubungi dokter 

6. Kelelahan dan kehilangan nafsu makan

Istirahat atau tidur tidak menghilangkan rasa lelah. Kelelahan dapat terjadi baik sebagai akibat dari kanker paru-paru maupun efek samping dari pengobatan kanker paru-paru. "Pada beberapa orang, kelelahan merupakan gejala awal dari adanya kanker paru-paru," lapor LungCancer. Hal ini dialami oleh hampir semua pasien yang menjalani pengobatan kanker: hingga 90 persen pasien yang diobati dengan terapi radiasi dan sampai 80 persen pasien diobati dengan kemoterapi melaporkan mengalami kelelahan.

BACA JUGA: Penularan Covid-19 dari Benda Terkontaminasi Relatif Kecil

7. Gejala lainnya

Tekanan dada, suara serak, pembengkakan kelenjar getah bening, kelemahan, atau penurunan berat badan adalah tanda-tanda lain dari kanker paru-paru, menurut Mayo Clinic. Jika mengalaminya atau salah satu masalah lain, segera hubungi profesional medis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement