Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Lingkaran Pucat di Iris Mata Jadi Pertanda Kolesterol Tinggi

Rabu 04 Aug 2021 13:05 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Mata (ilustrasi). Lingkaran pucat di sekitar iris mata dapat menjadi petunjuk kolesterol tinggi.

Mata (ilustrasi). Lingkaran pucat di sekitar iris mata dapat menjadi petunjuk kolesterol tinggi.

Foto: Pixabay
Kondisi mata dapat menjadi petunjuk kadar kolesterol tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit kolesterol tinggi biasanya tidak terlihat secara kasat mata. Akan tetapi, orang-orang yang secara genetik memiliki kadar kolesterol tinggi dapat mengalami tanda-tanda peringatan yang jelas.

Salah satunya adalah tanda yang dapat muncul di sekitar iris mata, menurut British Heart Foundation (BHF). Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah.

Kolesterol tinggi umumnya merupakan akibat dari gaya hidup yang buruk, seperti sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Sementara itu, familial hiperkolesterolemia adalah kondisi bawaan kadar kolesterol lebih tinggi sejak lahir.

Menurut BHF, orang mungkin tidak memiliki gejala kolesterol tinggi yang jelas. Itu karena mereka mengalami familial hiperkolesterolemia untuk waktu yang lama.

"Namun, jika ada lingkaran pucat di sekitar iris mata, itu mungkin menunjukan kadar kolesterol tinggi yang disebabkan oleh familial hiperkolesterolemia," menurut BHT, dikutip dari Express.co.uk, Selasa (3/08).

Tanda-tanda peringatan lainnya termasuk benjolan di sekitar buku-buku jari atau tendon Achilles yang disebabkan oleh timbunan kolesterol. Namun, kebanyakan orang tidak memiliki familial hiperkolesterolemia dan satu-satunya cara untuk menentukan apakah orang memiliki kadar kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah.

"Dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi," jelas National Health Service (NHS).

Mengatasi kolesterol

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA