Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Masker Atlet AS Unik Seperti Origami, Semacam N95?

Rabu 04 Aug 2021 12:20 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Atlet senam Amerika Serikat tampak menggunakan masker produksi Nike di Olimpiade Tokyo. Warganet terbelah saat mengomentari masker tersebut.

Atlet senam Amerika Serikat tampak menggunakan masker produksi Nike di Olimpiade Tokyo. Warganet terbelah saat mengomentari masker tersebut.

Foto: EPA
Atlet Olimpiade asal Amerika Serikat mengenakan masker keluaran Nike.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kontingen Amerika Serikat tiba di Olimpiade Tokyo dengan seragam warna putih dan masker yang serasi dengan pakaiannya yang menarik perhatian. Masker tersebut tampak menonjol setidaknya satu inci dari wajah atlet, dengan lekukan khas yang mengingatkan pada lipatan origami.

Di media sosial, warganet terbelah melihat penampilan kontingen Amerika Serikat. Sebagian terkesan, sebagian lagi malah membandingkan masker tim atlet Amerika Serikat dengan masker yang dikenakan oleh penjahat Batman, Bane, dan kanibal fiksi Hannibal Lecter.

Meski maskernya tampak berdesain khusus, namun ternyata itu tidak memberikan perlindungan tambahan. Masker berjaring tersebut yang diiklankan sebagai tidak membuat sesak, nyaman, dan bisa dicuci.

"Tetapi, masker itu tidak bisa menghalangi aerosol virus corona layaknya masker N95," kata pakar tekstil You-Lo Hsieh kepada Insider.

Masker seharga 60 dolar AS (Rp 858 ribu) itu dibuat oleh Nike, tetapi belum ada di pasaran. Masker runcing itu dibuat oleh Nike dengan gaya khusus yang disebut sebagai Nike Venturer.

Baca Juga

Sejauh ini, Nike mengabarkan masker tim Olimpiade Amerika Serikat itu akan segera dipasarkan dengan harga 60 dolar per masker. Sebagai perbandingan, 20 respirator N95 kualitas bagus atau 50 masker KN95 serupa bisa didapatkan dengan harga lebih murah.

"Tali pada masker keluaran Nike pertama itu dibuat untuk sirkulasi udara yang optimal. Dirancang untuk olahraga, bantalan hidung bawaan dan sisipan dagu membantu masker tetap berada di tempatnya saat kita sedang bekerja keras," tulis deskripsi di pasar daring.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA