Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Film Dokumenter Led Zeppelin Rampung Digarap

Rabu 04 Aug 2021 04:30 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih

Led Zeppelin

Led Zeppelin

Foto: EPA/Andy Rain
Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Film dokumenter tentang band rock legendaris, Led Zeppelin, akhirnya rampung digarap. Dokumenter berjudul Becoming Led Zeppelin itu pertama kali diumumkan pada Mei 2019 untuk menandai hari jadi ke-50 band tersebut pada 2018.

Sutradara Bernard MacMahon mengatakan, film ini sangat istimewa karena akan merekam perjalanan karir musik Led Zeppelin yang selama ini hampir tidak terdokumentasi dengan baik.

Baca Juga

"Becoming Led Zeppelin adalah film yang tidak pernah terpikirkan oleh siapapun. Karena band yang karirnya meroket dengan cepat, dan menjadi idol rock itu hampir tidak memiliki dokumentasi yang rapi,” kata McMahon seperti dilansir dari NME, Senin (2/8).

Menurut McMahon dirinya dan tim harus mencari berbagai arsip tentang Led Zeppelin hingga ke berbagai negara di dunia. Ia juga butuh waktu bertahun-tahun untuk memulihkan arsip visual dan audio yang ditemukan.

“Setelah proses panjang, kisah ini akhirnya dapat diceritakan,” ungkap McMahon.

Dalam dokumenter itu McMahon juga akan menampilkan wawancara terbaru dengan para mantan personel yaitu Jimmy Page, Robert Plant dan John Paul Jones. Wawancara bersama mendiang John Bonham, yang meninggal pada 1980, juga akan disertakan.

McMahon mengatakan bahwa Jimmy dan kawan-kawan juga turut berpartisipasi dalam penggarapan dokumenter Becoming Led Zeppelin. Hal ini membantu proses pengumpulan arsip di internal band jauh lebih mudah. Namun begitu, tanggal rilis untuk film tersebut belum dapat dikonfirmasi.

 

Led Zeppelin dibentuk pada September 1968 dan dibubarkan setelah drummer John Bonham meninggal pada 1980. Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal pertama. Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA