Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Manakah Vaksin Covid-19 Terbaik untuk Lawan Varian Delta?

Rabu 04 Aug 2021 00:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Semua vaksin Covid-19 pada dasarnya bisa melindungi dari varian delta.

Semua vaksin Covid-19 pada dasarnya bisa melindungi dari varian delta.

Foto: PxHere
Semua vaksin Covid-19 pada dasarnya bisa melindungi dari varian delta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semua vaksin Covid-19 pada dasarnya dapat memberikan perlindungan yang baik dalam melawan varian delta. Akan tetapi, beberapa vaksin Covid-19 memiliki efektivitas lebih baik dalam melawan varian yang sangat menular ini.

Efektivitas vaksin-vaksin Covid-19 ini diketahui melalui beberapa studi. Namun, perlu diingat bahwa data masih terus berkembang. Penting untuk dipahami pula bahwa semua vaksin dapat secara efektif mencegah terjadinya sakit berat, perawatan di rumah sakit, dan kematian akibat Covid-19.

Ada tiga vaksin Covid-19 yang dinilai menunjukkan hasil paling menjanjikan dalam memberikan perlindungan dari varian delta. Ketiga vaksin Covid-19 tersebut berasal dari Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson. Berikut ini adalah perbandingan ketiganya, seperti dilansir Mass Live, Selasa (3/8).

Pfizer
Studi asal Inggris yang dipublikasikan pada Mei 2021 menunjukkan bahwa pemberian dua dosis vaksin Covid-19 Pfizer memiliki efektivitas 88 persen dalam mencegah infeksi bergejala dari varian delta. Pemberian dua dosis vaksin ini juga memiliki efektivitas sebesar 96 persen untuk mencegah rawat inap di RS.

Data yang dirilis oleh Pfizer juga menunjukkan bahwa pemberian booster dosis ketiga dapat memberikan proteksi yang kuat dalam melawan varian delta.

Moderna
Per 29 Juni lalu, Moderna menyampaikan bahwa vaksin mereka efektif dalam melawan beberapa variants of concern. Salah satu di antaranya adalah varian delta. Beberapa studi laboratorium pun telah menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 Moderna efektif dalam melawan varian delta.

Studi dari Kanada misalnya, menemukan abhwa vaksin Covid-19 Moderna memiliki efektivitas sebesar 73 persen dalam melawan varian delta setelah pemberian dosis pertama. Akan tetapi, studi ini belum melewati proses peninjauan sejawat dan belum memiliki cukup data untuk menghitung proteksi yang bisa didapatkan pasien setelah menerima dua dosis vaksin Covid-19 Moderna.

Menurut sebuah studi laboratorium berskala kecil di New York, peneliti menemukan abhwa vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer memiliki efektivitas sebesar 94-95 persen dalam mencegah varian delta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA