Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Eks Pengawal Jokowi Jabat Komandan Paspampres

Selasa 03 Aug 2021 17:56 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus, Brigjen Tri Budi Utomo dipromosikan menjadi Danpaspampres.

Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus, Brigjen Tri Budi Utomo dipromosikan menjadi Danpaspampres.

Foto: Dok
Danpaspampres sekarang Mayjen Agus Subiyanto promosi menjadi Pangdam III/Siliwangi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mutasi di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), Cilangkap, Jakarta Timur, kembali bergulir. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan mutasi dan promosi jabatan di lingkungan TNI dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

"Berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/684/VIII/2021 tanggal 2 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 60 perwira tinggi (pati) TNI terdiri dari 31 pati TNI AD, 13 pati TNI AL, dan 16 pati TNI AU," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut Edys Riyanto di Jakarta, Selasa (3/8).

Di antara yang dimutasi adala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen Agus Subiyanto dipromosikan menjadi Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi. Posisi Danpaspampres akan ditempati Brigjen Tri Budi Utomo, yang sekarang menjabat Wakil Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Wadanjen) Kopassus.

Tri pernah menjadi Komandan Grup A Paspampres, yang bertugas mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tri diketahui merupakan jenderal kelahiran Solo, Jawa Tengah. Dengan promosi tersebut maka pangkatnya akan naik dua bintang atau menyandang Mayjen.

Selain itu, Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertanan (Pangkogabwilhan) Letjen Agus Rohman diganti karena memasuki masa pensiun. Pangdam XVI/Pattimura Mayjen Jeffry Apoly Rahawarin dipromosikan untuk mengisi pos Pangkogabwilan.

Selain itu, Asisten Intelijen (Asintel) KSAD Mayjen Bambang Ismawan dipromosikan menjadi Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen Nugroho Budi Wiyanto yang sebelumnya menjabat Pangdam III/Siliwangi mendapat promosi menjadi Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad).

Adapun posisi Wadanjen Kopassus akan ditempati Kolonel Inf Deddy Suryadi, yang sekarang menjabat Komandan Korem Danrem 074/Warastratama (Surakarta). Posisi Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya juga diganti dari Brigjen Muhammad Saleh Mustafa diserahkan kepada Brigjen Bobby Rinal Makmun.

Dari TNI AL, Pangkogabwilhan I Laksdya I Nyoman Gede Ariawan memasuki usia pensiun, dan posisinya kana diisi Laksda Muhammad Ali, yang sekarang menjabat Asisten Perencanaan (Asrena) KSAL. Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I  Laksda Abdul Rasyid Kacong digeser menjadi Asrena KSAL.

Sementara Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda Arsyad Abdullah dipromosikan menjabat Pangkoarmada I. Adapun posisi Pangkilonlamil akan ditempati Laksma Erwin S Aldedharma, yang sekarang merupakan Kepala Staf Koarmada I.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA