Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Elektabilitas PDIP Stabil, Demokrat Naik, Golkar Turun

Selasa 03 Aug 2021 17:20 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Bayu Hermawan

Kader PDIP (ilustrasi)

Kader PDIP (ilustrasi)

Survei menunjukan PDIP, Gerindra dan Demokrat jadi Parpol berelektabilitas tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik. Hasilnya Partai Demokrat merangsek masuk ke posisi tiga besar elektabilitas partai politik tertinggi.

"Partai Demokrat berada di urutan ketiga yaitu di angka 8,9 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategic, Ahmad Khoirul Umam, Selasa (3/8). 

Baca Juga

Khoirul mengatakan lompatan elektabilitas yang dialami Partai Demokrat kemungkinan dipengaruhi oleh respon publik pasca prahara KLB Moeldoko. Naiknya elektabilitas Partai Demokrat juga disebabkan beberapa faktor, diantaranya simpati dan apresiasi publik terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dinilai dapat menangani prahara dengan komunikasi politik yang baik.  

Kemudian elektabilitas PDIP konsisten di posisi pertama dengan 18,5 persen. Disusul Partai Gerindra di posisi kedua dengan 11,5 persen. Sedangkan elektabilitas Partai Golkar menunjukkan penurunan cukup serius. Dalam survei terbaru Indostrategic, Partai Golkar berada di peringkat kelima dengan 6,9 persen.

"Semoga ini bisa dijadikan sebagai referensi yang baik bagi teman-teman di Golkar terutama kepemimpinan Pak Airlangga Hartato untuk melakukan langkah-langkah mitigasi untuk mempertahankan elektabilitas," ujarnya.

Untuk diketahui survei diadakan pada 23 Maret - 1 Juni 2021 di 34 provinsi melalui pendekatan face to face. Survei menggunakan metode multistage random sampling dan melibatkan 2400 responden. Tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dan level margin of error 2 persen. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA