Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Qusthul Hindi, Herbal yang Sangat Dianjurkan Ibnu Qayyim

Selasa 03 Aug 2021 16:37 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Qusthul Hindi merupakan herbal yang dikenal sejak ratusan abad lalu. Qusthul hindi

Qusthul Hindi merupakan herbal yang dikenal sejak ratusan abad lalu. Qusthul hindi

Foto: Dok Istimewa
Qusthul Hindi merupakan herbal yang dikenal sejak ratusan abad lalu

REPUBLIKA.CO.ID, — Qusthul Hindi belakangan kembali populer di tengah pandemi Covid-19. Herbal yang berasal dari pegunungan Himalaya India ini, disebut-sebut manjur untuk menangkis virus Covid-19. 

Keberadaan obat herbal ini, sudah dikenal sejak beberapa abad lalu. Kendati belum ada temuan medis yang kuat tentang khasiatnya mengatasi Covid-19. 

Baca Juga

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW terdapat riwayat yang menjelaskan tentang khasiat sebuah herbal yang dapat menyembuhkan tujuh macam penyakit termasuk juga penyakit yang berkaitan dengan paru. Materi herbal tersebut populer dikenal dengan sebutan qustul hindi yang didapat dari Himalaya.

 حَدَّثَنَا صَدَقَةُ بْنُ الْفَضْلِ أَخْبَرَنَا ابْنُ عُيَيْنَةَ قَالَ سَمِعْتُ الزُّهْرِيَّ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أُمِّ قَيْسٍ بِنْتِ مِحْصَنٍ قَالَتْ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ عَلَيْكُمْ بِهَذَا الْعُودِ الْهِنْدِيِّ فَإِنَّ فِيهِ سَبْعَةَ أَشْفِيَةٍ يُسْتَعَطُ بِهِ مِنْ الْعُذْرَةِ وَيُلَدُّ بِهِ مِنْ ذَاتِ الْجَنْبِ وَدَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِابْنٍ لِي لَمْ يَأْكُلْ الطَّعَامَ فَبَالَ عَلَيْهِ فَدَعَا بِمَاءٍ فَرَشَّ عَلَيْهِ

“Telah menceritakan kepada kami Shadaqah bin Al-Fadl telah mengabarkan kepada kami Ibnu ‘Uyainah dia berkata: saya mendengar Az Zuhri dari ‘Ubaidullah dari Ummu Qais binti Mihshan berkata, “Saya mendengar Nabi bersabda, “Gunakanlah dahan kayu India, karena di dalamnya terdapat tujuh macam penyembuh dan dapat menghilangkan penyakit (racun) di antaranya adalah radang penyakit paru.” Ibnu Sam’an dalam haditsnya, “Karena sesungguhnya padanya terdapat obat dari tujuh macam jenis penyakit, di antaranya adalah radang penyakit paru (dada).” Lalu aku menemui Nabi sambil membawa bayiku yang belum makan makanan, lalu bayiku mengencingi beliau, maka beliau meminta air dan memercikinya.” (HR Al Bukhari)

Dalam kitabnya Zaad Al-Ma’ad, Ibnu Qayyim Al Jauziyyah menjelaskan, tanaman yang dikenal dengan nama ilmiahnya Saussurea costus ini  ada du amacam, yang pertama bahry dan kedua Hindi. Yang kedua ini lebih kuat dan warnanya lebih putih serta lebih lunak. Manfaatnya cukup banyak. Keduanya bisa mengatasi radang, pilek. 

Jika diminum akan bermanfaat ntuk mengobati lemahnya liver dan lambung, bisa juga buat obat demam, radang penyakit paru, tetanus, dan juga juga bisa mengobati keracunan.

Ibnu Qayyim menjelaskan, sebagian dokter pada masa itu mengingkari khasiatnya untuk radang paru, padahal kalau merujuk pada pendapat Galenus, mereka akan merevisi pandangan itu. Bagaimana tidak? Dokter-dokter dahulu sudah mengungkapkan khasiat qusthul hindi untuk radang dari infeksi paru.     

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA