Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Kebakaran Rusak Lahan Hutan di Berbagai Belahan Dunia

Selasa 03 Aug 2021 16:44 WIB

Red: Nur Aini

Kebakaran hutan telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Kebakaran hutan telah menyebar ke berbagai belahan dunia.

Dunia sedang bergulat dengan kebakaran hutan skala besar

 

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kebakaran hutan telah menyebar ke berbagai belahan dunia. Hal itu menurut Informasi Kebakaran untuk Sistem Manajemen Sumber Daya (FIRMS) Badan Antariksa Amerika Serikat NASA.

Baca Juga

FIRMS mengungkapkan sebagian besar Amerika Utara dan Amerika Selatan, dataran tinggi Afrika, Semenanjung Arab bagian utara dan pantai Mediterania Eropa serta Eropa Utara dan Timur telah terkena dampak kebakaran.

Di Asia, kebakaran telah terdeteksi di pantai India dan di wilayah Siberia Rusia serta di China, Malaysia dan Indonesia. Negara-negara Eropa seperti Italia, Spanyol dan Yunani, yang memiliki pantai di Laut Tengah, juga berjuang melawan kebakaran hutan.

Menurut peta darurat Komisi Eropa, kebakaran hutan, kebakaran besar dan kecil di seluruh benua mencapai hampir wilayah utara Rusia. Pada peta satelit, terlihat bahwa api dengan berbagai ukuran telah berkobar setidaknya selama seminggu di negara-negara Uni Eropa.

Italia

Bagian selatan Italia mengalami banyak kebakaran hutan, baik besar maupun kecil.

Menurut pernyataan Korps Pemadam Kebakaran Nasional Italia, lebih dari 800 kebakaran telah terjadi di negara itu dalam 24 jam terakhir.

Petugas pemadam kebakaran telah menangani 250 kebakaran di Sisilia dan 130 di Puglia, sementara 20.000 hektar hutan terbakar pada 24 Juli di pedesaan provinsi Oristano pulau Sardinia, tempat 1.500 orang dievakuasi.

Italia meminta pesawat pemadam kebakaran dari negara-negara Uni Eropa untuk melengkapi pesawatnya sendiri.

Spanyol

Pada 26 Juli, kebakaran hutan terbesar dalam dua tahun terakhir terjadi di wilayah Catalonia utara, sementara 1.657 hektar lahan terbakar di Kota Santa Coloma de Queralt di wilayah Tarragona dan 168 orang di daerah pemukiman dievakuasi.

Yunani

Otoritas Yunani melaporkan 58 kebakaran hutan dalam 24 jam terakhir. Kebakaran meningkat di sekitar kota pelabuhan barat Patras dan di Kota Soufli, yang dekat dengan perbatasan Turki-Yunani.

Rusia

Upaya terus dilakukan untuk memadamkan kebakaran hutan yang dimulai bulan ini di wilayah Yakutia, timur laut Rusia. Pihak berwenang mengumumkan keadaan darurat untuk wilayah tersebut, di mana lebih dari 1,3 juta hektar lahan hutan telah terbakar.

Kementerian Situasi Darurat Rusia melaporkan Kamis lalu bahwa tim sedang berupaya untuk memadamkan kebakaran yang terus berlanjut di 144 lokasi.

AS dan Kanada

Menurut data Pusat Pemadam Kebakaran Antar-Lembaga Nasional Amerika Serikat pada Senin, sekitar 450.000 hektar hutan telah terbakar dalam 91 kebakaran di 13 negara bagian. Sementara itu, kebakaran baru juga dilaporkan di negara bagian Idaho, Alaska dan Minnesota.

Di negara tetangga, Kanada, 4.576 kebakaran hutan telah tercatat sepanjang tahun ini. Jumlah tersebut 1.000 kali lebih banyak dari jumlah rata-rata selama satu dekade terakhir.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kebakaran-rusak-lahan-hutan-di-berbagai-belahan-dunia/2322615
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA