Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Pesan Tersembunyi di Sepatu Pernikahan Putri Diana

Selasa 03 Aug 2021 15:11 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Pangeran Charles dan Putri Diana berpose bersama pada hari pengumuman pertunangan mereka, Istana Buckingham, Inggris, 24 Februari 1981.

Pangeran Charles dan Putri Diana berpose bersama pada hari pengumuman pertunangan mereka, Istana Buckingham, Inggris, 24 Februari 1981.

Foto: EPA
Tak ingin lebih tinggi dari Charles, Diana minta sol sepatu pernikahannya rendah.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris pada Juli 1981 menjadi peristiwa yang amat disorot secara global. Hubungan mereka memang terurai di kemudian hari, tapi detail acara tetap jadi kenangan.

Salah satu yang baru terungkap adalah pesan tersembunyi di sepatu pernikahan Diana. Detail tersebut merupakan pesan untuk Charles dan menjadi bukti cinta yang dia simpan bagi suaminya yang bergelar Prince of Wales itu.

Bertahun-tahun setelah insiden wafatnya Diana yang tragis dalam kecelakaan mobil di Paris, Prancis, pesan tersebut tetap menjadi memori manis. Menurut sebuah laporan di majalah Town & Country, mempelai perempuan itu menuliskan pesan khusus di bagian bawah sepatu pernikahannya yang berwarna putih.


Saat menikah, Diana mengenakan gaun taffeta gading rancangan David dan Elizabeth Emanuel sepanjang 25 kaki (sekitar 7,6 meter). Tidak heran jika detail mengenai alas kakinya tak begitu mengemuka 40 tahun silam.

Rupanya, pada bagian bawah hak sepatunya tertulis "C (simbol hati) D", inisial untuk 'Charles' dan 'Diana'. Detail intim itu sengaja diminta Diana kepada desainer Clive Shilton yang merancang sepatu.

Butuh enam bulan bagi Shilton dan tim untuk merampungkan sepatu. Menggunakan bahan pelapis sutra, sepatu disulam dengan rumit dengan 542 manik-manik dan 132 mutiara, lengkap dengan applique berbentuk hati di ujung tumit.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA