Selasa 03 Aug 2021 14:40 WIB

Simeone Biles Pastikan Berkompetisi di Final Senam Artistik

Biles memutuskan untuk tidak bertanding sejak mundur dari final beregu putri

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Muhammad Akbar
Simone Biles
Foto: EPA/DANIEL KOPATSCH
Simone Biles

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles akan kembali berkompetisi di cabang olahraga senam artistik nomor balok keseimbangan pada Selasa (3/8). Biles sempat absen dengan alasan kesehatan mental.

Biles memutuskan untuk tidak bertanding sejak mundur dari final beregu putri pada Selasa (27/7) lalu. Dia akan kembali dengan rekannya, Suni Lee.

Dilansir dari laman Independent, USA Gymnastics memastikan Biles akan kembali bersaing. Biles masuk final sebagai pesenam ketiga dari delapan pesenam yang akan tampil di final.

"Kami sangat bersemangat untuk mengonfirmasi bahwa kalian akan menyaksikan dua atlet Amerika Serikat di final balok keseimbangan besok, Suni Lee dan Simone Biles!! Tidak sabar untuk melihat kalian berdua," tulis USA Gymnastics dalam pernyataannya.

Juara bertahan Olimpiade empat kali itu mundur dari final beregu putri setelah hanya melakukan satu putaran sebelum mundur dari final individu. Meski mundur, dia tetap memberikan dukungan bagi Lee untuk meraih medali emas pada Kamis (29/7) lalu.

Dalam akun media sosialnya, Biles mengakui menderita twisting, gangguan psikologi yang dialami pesenam sehingga tidak bisa membuat putaran di udara. Dia merasa terganggu mengalami gangguan itu di ajang turnamen olahraga terbesar di dunia.

"Benar-benar tidak bisa membedakan dari atas ke bawah, ini adalah perasaan paling gila yang pernah ada, anda tidak bisa memegang kendali atas tubuh anda meski satu inci sekalipun," kata Biles.

Delapan pesenam yang mencetak skor tertinggi di babak kualifikasi akan bertanding di final. Di mana hanya ada dua pesenam per negara yang bisa bertanding. Kedelapan pesenam akan melakukan berbagai tantangan dan mengumpulkan poin yang akan dihitung untuk skor akhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement