Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Cara Tetap Aman Selama Pandemi Covid-19

Selasa 03 Aug 2021 12:24 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Cara tetap aman selama pandemi Covid-19 (ilustrasi).

Cara tetap aman selama pandemi Covid-19 (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Kasus long Covid banyak ditemukan pada individu yang belum divaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di saat banyak orang merasa pandemi Covid-19 mulai terkendali, varian delta mencuat dan menyebabkan situasi kembali tak terkendali. Ahli menilai infeksi akibat varian delta akan terus meningkat dan menjadi tantangan bagi semua orang hingga beberapa bulan ke depan.

"Situasi akan menjadi lebih buruk," ujar ahli imunologi dan kepala penasihat medis untuk presiden AS, dr Anthony Faucy, seperti dilansir Eat This Not That!, beberapa waktu lalu.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dekan Brown University's School of Public Health Dr Ashish Jha. Dr Jha mengatakan, ada lima poin yang dapat membantu melindungi  diri di masa pandemi ini. Berikut ini adalah kelima poin tersebut.

1. Penggunaan masker di ruang tertutup

Sekelompok orang yang seluruhnya sudah divaksinasi, sehat, dan tak menunjukkan gejala seperti demam atau batuk bisa dengan aman berkumpul di ruang tertutup tanpa masker menurut dr Jha. Akan tetapi, hal itu tak berlaku di wilayah dengan kasus Covid-19 yang tinggi. Dr Jha mengatakan, setiap individu yang belum atau sudah divaksinasi tetap harus menggunakan masker di dalam ruangan bila mereka ada di wilayah dengan kasus Covid-19 yang tinggi.

2. Penggunaan masker di ruang terbuka

Dr Jha mengatakan, transmisi yang terjadi di luar ruangan atau di ruang terbuka terbilang kecil. Oleh karena itu, dr Jha menilai tak menggunakan masker di ruang terbuka relatif aman.

3. Vaksinasi cegah long Covid

Saat ini kasus long Covid atau gejala Covid-19 berkepanjangan cukup banyak ditemukan pada individu yang belum divaksinasi Covid-19 dan mengalami gejala ringan. Belum diketahui apakah orang yang sudah divaksinasi lengkap juga bisa mengalami long Covid. Akan tetapi, data yang ada sejauh ini cukup meyakinkan bahwa individu yang telah divaksinasi lebih terlindungi dari risiko long Covid.

4. Vaksinasi cegah keparahan Covid-19

Individu yang sudah divaksinasi lengkap masih memiliki risiko untuk tertular dan menularkan Covid-19, terlebih dengan munculnya varian delta yang sangat menular. Akan tetapi, riwayat vaksinasi membantu mencegah terjadinya Covid-19 bergejala berat. Selain itu, periode di mana mereka bisa menularkan Covid-19 lebih pendek bila dibandingkan dengan orang-orang yang belum vaksinasi.

5. Taati prokes

Salah satu langkah terpenting dalam mencegah penularan dan penyebaran Covid-19 adalah dengan vaksinasi. Di samping itu, penerapan protokol kesehatan yang tertib juga perlu dilakukan. Beberapa protokol kesehatan tersebut adalah menggunakan masker ganda dengan ukuran yang sesuai, tidak bepergian, menjaga jarak, menghindari kerumunan, tidak berkumpul di dalam ruangan bersama orang yang tidak satu rumah, dan menjaga kebersihan tangan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA