Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

UMJ Berikan Beasiswa Bagi Peraih Medali Olimpiade

Selasa 03 Aug 2021 09:08 WIB

Red: Muhammad Subarkah

Tampak gedung Fakultas Kedokteran UMJ di Cireundeu, Tangerang Selatan

Tampak gedung Fakultas Kedokteran UMJ di Cireundeu, Tangerang Selatan

Foto: dok FKK UMJ
Kalangan kampus untuk memberikan beasiswa bagi peraih medali Olimpiade

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia membuat sejarah baru di cabang bulutangkis selama keikutsertaannya dalam Olimpiade, yaitu dengan memenangkan medali emas dari cabang ganda putri melalui pasangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Raihan medali emas bulutangkis dari sektor ganda putri ini tak luput menjadi perhatian Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) DR Ma’mun Murod. Melalui akun facebook, twitter maupun instagramnya, Rektor yang gemar sepakbola dan bulutangkis ini langsung menyatakan hendak memberikan beasiswa kepada Greysia dan Polii.

Selamat atas prestasi luar biasa yang diraih Greysia Polii dan Apriyani Rahayu. Kalau pasangan ganda putri ini berkenan kuliah di Program Studi Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UMJ, dengan senang hati UMJ akan memberikan beasiswa full sebagai penghargaan atas prestasi yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara,'' kata Ma'mun di Jakarta, selasa (3/7).

Dari penelusuran atas data yang ada, tercatat Greysia baru sebatas menyelesaikan D3. Sementara Apriyani sendiri belum pernah menempuh kuliah. Tentu ini kesempatan baik bagi Greysia dan Apriyani untuk melanjutkan kuliah.

Ketika ditanya, apakah hanya peraih medali emas yang akan diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa di UMJ, Rektor yang baru dilantik sekitar dua bulan yang lalu ini menyatakan bahwa beasiswa ini selain diperuntukan untuk Greysia dan Apriyani, juga diberikan kepada peraih medali lainnya, baik perak maupun perunggu.

“Silahkan kalau Mas Eko (Yuli Irawan) yang berhasil meraih medali perak, Mbak Windy (Cantika Aisah) dan Mas Rahmat (Erwin Abdullah) yang masing-masing meraih medali perunggu, mau kuliah di UMJ, saya pun akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa yang sama bagi ketiganya,” tuturnya lagi.

UMJ sendiri mempunyai 10 fakultas dengan Program Sarjana (S1) sebanyak 42 program studi, 10 Program Magister, dan satu Program Doktor. Namun dari program studi sebanyak itu, maka yang memungkinkan bagi para atlet untuk melanjutkan studi adalah di Program Olah Raga.

“Yang memungkinkan para atlet melanjutkan kuliah ya di Program Studi Pendidikan Olahraga. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk mengambil program studi lainnya. Prinsipnya kami memberikan kesempatan beasiswa untuk semua program studi kepada semua peraih medali Olimpiade,” jelas Ma’mun.

Menurutnya, gagasan kalangan kampus untuk memberikan beasiswa bagi peraih medali Olimpiade patut mendapat apresiasi. Ini merupakan bentuk kepedulian bukan hanya kepada dunia olahraga, tapi juga kepada masa depan atlet. 

sumber : rilis
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA