Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

5 Makanan yang Lebih Kaya Vitamin A dari Wortel

Selasa 03 Aug 2021 07:13 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Ubi panggang menjadi salah satu makanan yang lebih kaya vitamin A dibandingkan wortel (ilustrasi).

Ubi panggang menjadi salah satu makanan yang lebih kaya vitamin A dibandingkan wortel (ilustrasi).

Foto: Dailymail
Ubi panggang memiliki kandungan vitamin A 1.100 mikrogram per cangkir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vitamin A menjadi salah satu nutrisi terpenting yang menunjang kesehatan tubuh. Tidak hanya baik untuk kesehatan mata, vitamin A juga mampu mendukung sistem kekebalan dan reproduksi.

Wortel, tentu saja, merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Setengah cangkir wortel mentah mengandung 510 mikrogram vitamin A, yang memenuhi 57 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian untuk pria, dan 73 persen AKG untuk wanita.

Selain wortel, sebenarnya masih banyak makanan sehat dan utuh lain yang mengandung lebih banyak vitamin A daripada sayuran berwarna oranye ini. Dilansir Eat This Not That!, Senin (2/8), berikut makanan sehat dan utuh yang memiliki kandungan vitamin A lebih banyak daripada wortel:

1. Hati sapi

Organ dalam seperti hati sapi mungkin bukan pilihan populer di toko daging. Tapi jangan salah, hati sapi sangat kaya akan vitamin A, dengan 8.020 mikrogram di setiap 3 ons. Hati domba dan sosis hati juga menawarkan tingkat vitamin A yang luar biasa.

2. Minyak hati ikan kod

Sebagai suplemen makanan, minyak ikan kod memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak hati ikan kod sarat dengan asam lemak omega-3 yang sehat untuk jantung dan vitamin D yang meningkatkan kekebalan tubuh. Ini juga merupakan sumber vitamin A dengan 4.080 mikrogram per sendok makan.

3. Ubi panggang

Ubi jalar panggang adalah hidangan sederhana yang begitu lezat apalagi saat disantap di musim dingin. Dan tentunya, ubi panggang memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi dengan 1.100 mikrogram per cangkir. Jika ingin mendapat asupan vitamin A yang lebih banyak, makanlah dengan kulitnya juga.

4. Labu yang dihaluskan

Olahan makanan dari labu seperti muffin labu, smoothie labu maupun pai labu tidak hanya enak, namun juga bermanfaat bagi kesehatan. Semua olahan labu yang dihaluskan memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, dengan 706 mikrogram setiap cangkirnya (sekitar 245 gram).

5. Labu mentega

Labu mentega juga mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Dalam satu cangkir labu mentega yang dimasak, Anda akan mendapatkan 1.140 mikrogram vitamin A.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA