Selasa 03 Aug 2021 05:43 WIB

Indonesian Drama Series Awards 2021 akan Segera Digelar

Nomine dipilih berdasarkan periode tayang program 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021.

IDSA 2021.
Foto: Dok. IDSA
IDSA 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri hiburan khususnya serial drama atau sinetron di Indonesia masih selalu menjadi primadona bagi penonton. Hal ini dapat dilihat dari performa di televisi yang selalu didominasi oleh program sinetron. Tidak hanya karena ceritanya yang menarik dan beragam, namun para aktor dan aktris pemeran dalam suatu sinetron juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pemirsa untuk terus mengikuti jalan ceritanya yang tayang di televisi. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku industri sinetron di Indonesia yang telah berdedikasi menghibur masyarakat, untuk pertama kalinya digelar penghargaan Indonesian Drama Series Awards 2021 (IDSA 2021). Malam puncak penghargaan ini sendiri akan disiarkan langsung oleh tv swasta, RCTI, dari salah satu studio mereka, Studio RCTI+ pada 31 Agustus 2021.

“Tak dimungkiri serial drama atau sinetron kini menjadi film hiburan favorit dan idola bagi masyarakat. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah, maka kehadiran sinetron tentunya menjadi suatu hiburan yang berarti. Oleh karena itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi RCTI untuk bisa menayangkan Indonesian Drama Series Awards 2021 untuk pertama kalinya di Indonesia,” kata Programming and Acquisition Director RCTI Dini Putri, Senin (2/8).

Dini menambahkan, tidak hanya sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku industri sinetron di Tanah Air. Terselenggarakannya IDSA 2021, kata dia, bisa menjadi motivasi untuk menghadirkan sinetron yang lebih menarik dan menghibur bagi masyarakat. “Semoga kedepannya sinetron terus berkontribusi positif untuk industri kreatif Indonesia dengan menghadirkan alur cerita menarik dan menampilkan para aktor dan aktris berkualitas,” ucap Dini Putri.

Dalam gelaran IDSA 2021, terdapat 13 kategori penghargaan, yang mana pemenang dari 12 kategori akan dipilih melalui voting masyarakat. Sementara untuk satu kategori lainnya adalah kategori istimewa. Penentuan nomine masing-masing kategori dilakukan oleh Dewan Panelis IDSA 2021 yang berasal dari 14 profesi berbeda. Mulai dari artis sinetron, sutradara, produser, penulis skenario, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Lembaga Sensor Film (LSF), agensi iklan, fans sinetron, musisi, konten kreator, PH, talent management, dosen seni dan wartawan senior.

Untuk total jumlah Dewan Panelis sebanyak 56 orang kemudian proses survei kepada para Dewan Panelis dilakukan oleh pihak independen, yaitu Roy Morgan Research. Nomine dipilih berdasarkan periode tayang program 1 Juni 2020 hingga 31 Mei 2021.

Head Of Production Operation RCTI Tiurma Imelda Sinaga mengatakan, pemenang ditentukan dari hasil voting melalui platform RCTI+, Instagram IDSA (@indonesiandramaseriesawards) dan SMS dengan cara ketik IDSA (spasi) kode nominasi dan kirim ke 95151. Voting dibuka mulai 30 Juli 2021 sampai 26 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB. Selanjutnya hasil voting akan diaudit oleh lembaga audit independen dan pemenang akan diumumkan pada malam puncak IDSA 2021.

“Sebuah tantangan bagi Kami (RCTI) untuk menyelenggarakan acara besar dan spesial seperti Indonesian Drama Series Awards 2021 di tahun ini. Semua tahapan produksi kami jalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Walaupun begitu Kami tetap akan mempersembahkan konsep malam puncak dengan stage, tata lighting dan grafis serta teknologi yang megah. Jadi patut untuk ditunggu,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement