Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Dinkes Denpasar Mulai Salurkan Vaksin Moderna ke Fasyankes

Selasa 03 Aug 2021 00:45 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin Moderna (ilustrasi)

Tenaga kesehatan menyiapkan vaksin Moderna (ilustrasi)

Foto: AP
Seluruh nakes wajib divaksin untuk dosis ketiga ini.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Bali, mulai menyalurkan vaksin Moderna untuk vaksinasi ketiga bagi 10.991 tenaga kesehatan ke rumah sakit dan puskesmas di wilayah itu. "Kami mengambil vaksin ketiga di Dinkes Bali untuk fasyankes di wilayah Kota Denpasar. Jumlah sasarannya ada 10.991 orang dengan vaksin jenis Moderna," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar dr Ni Luh Sri Armini saat dikonfirmasi di Denpasar, Bali, Senin (2/8). 

Ia mengatakan penyaluran vaksin ke beberapa rumah sakit hingga puskesmas dilakukan mulai hari ini Senin (2/08). Dia mengatakan, Kota Denpasar memperoleh jumlah dosis terbanyak yaitu 770 vial dibandingkan kabupaten lain. "Iya terbanyak di Denpasar, Bali yang jelas kami tetap mengutamakan nakes yang memang langsung memberikan pelayanan ke masyarakat dan yang menangani pasien Covid," katanya.

Baca Juga

Ia menegaskan seluruh nakes wajib divaksin untuk dosis ketiga ini. Hal ini karena nakes bersentuhan langsung dengan pasien Covid-19, sehingga dengan vaksin ini bisa melindungi nakes tersebut.

"Wajib (nakes)divaksin kalau sudah memenuhi syarat itu wajib karena mereka bersentuhan langsung dengan pasien dan nanti enggak tahu mereka (pasien) OTG atau tidak. Jadi itu riskan sekali," katanya.

Untuk proses vaksinasi diharapkan bisa dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan sehingga lebih cepat dan efisien. Vaksinasi ketiga dilakukan di masing-masing lokasi fasilitas kesehatan, berlaku untuk seluruhnya baik rumah sakit swasta maupun negeri danpuskesmas.

"Masing-masing fasilitas kesehatan akan melaksanakan vaksinasi agar lebih efektif efisien dan tidak lagi kesana kemari jadi susah nanti. Jadi di tempatnya bekerja itu yang jadi fasyankes vaksinator," katanya.Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, sebanyak 40.786 tenaga kesehatan di wilayah Bali akan mengikuti vaksinasi ketiga dengan vaksin Moderna.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA