Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

Thursday, 9 Safar 1443 / 16 September 2021

PPKM Diperpanjang, Kemenkes Fokus Tingkatkan Testing

Senin 02 Aug 2021 21:38 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Mas Alamil Huda

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Kemenkes kini berkonsentrasi pada peningkatan testing selama perpanjangan PPKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus 2021. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kini berkonsentrasi pada peningkatan testing Covid-19 selama perpanjangan periode PPKM.

"Kemenkes konsentrasi meningkatkan jumlah testing untuk mendukung protokol kesehatan dan PPKM Level 4. Sebab, jumlah testing akan menentukan (kasus Covid-19)," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin saat konferensi virtual Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Senin (2/8) malam.

Ia mengatakan, Kemenkes mengupayakan pemeriksaan yang berasal dari pelacakan kontak erat yang sekarang telah diaktifkan, baik di Jawa dan Bali ataupun di luar Bali. Tak hanya itu, dia melanjutkan, Kemenkes juga konsentrasi akan mereplikasi upaya yang sudah dilakukan di Jawa dan Bali yang akan diterapkan di luar dua pulau ini.

"Memang populasi di luar Jawa-Bali lebih kecil, jadi jumlah agregat nasional angkanya akan tetap menurun. Tetapi kompleksitasnya akan lebih besar karena jangkauannya dan pulaunya yang berbeda-beda," ujarnya.

Selain di luar Jawa dan Bali, Kemenkes juga mengaku tetap harus waspada karena meski kasus Covid-19 di Jawa-Bali menurun. Sebab, kata Budi, perilaku virus ini masih ada yang belum diketahui.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA