Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

PWNU DKI Bangun Dapur Umum, Bantu Pasien Isoman

Senin 02 Aug 2021 16:59 WIB

Red: Irwan Kelana

PWNU DKI Jakarta mengadakan rumah isoman dan dapur umum untuk memberikan makanan kepada pasien isoman dalam sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan NU Peduli Isoman Covid-19.

PWNU DKI Jakarta mengadakan rumah isoman dan dapur umum untuk memberikan makanan kepada pasien isoman dalam sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan NU Peduli Isoman Covid-19.

Foto: Dok NU
Gerakan ini dinamakan Gerakan NU Peduli Isoman Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, terus mengambil bagian untuk menolong warga Jakarta yang mengalami kesulitan dalam melakukan isolasi mandiri (isoman).

Caranya yaitu  dengan mengadakan rumah isoman dan dapur umum untuk memberikan makanan kepada pasien isoman dalam sebuah gerakan yang dinamakan Gerakan NU Peduli Isoman Covid-19 yang merupakan bagian dari Resolusi Jihad Kemanusiaan PWNU DKI Jakarta. 

“Setiap hari, melalui dapur umum,  PWNU DKI Jakarta memberikan 2.500 makanan kepada pasien isoman di berbagai tempat di Jakarta. Salah satunya dapur umum di Kampung Muka, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara ini,” ujar Ketua PWNU DKI Jakarta, Dr  KH Samsul Ma`arif MA, dalam sambutannya ketika mengunjungi dapur umum NU Peduli Isoman Covid-19 di Kampung Muka, Ancol untuk zona Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan dan Penjaringan (Taparing), Jakarta Utara,  Sabtu (31/7). Dapur Umum NU Peduli Isoman Covid-19 Zona Taparing ini sudah berjalan empat hari dari 10  hari yang direncanakan. 

Dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Samsul Ma`arif  menjelaskan, antusiasme masyarakat untuk bergabung dengan PWNU DKI Jakarta dalam melakukan upaya membantu kesulitan para pasien Covid-19 sangat tinggi. Bukan hanya dari kalangan Muslim, tetapi juga dari kalangan non-Muslim. Bahkan ada seorang non-Muslim menyumbangkan uangnya sampai setengah milyar rupiah ke PWNU DKI Jakarta untuk gerakan rumah isoman dan dapur umum isoman NU DKI Jakarta ini. Sumbangan dari masyarakat ini dimasukkan dalam rekening bank LazisNU  PWNU DKI Jakarta.

“Gerakan NU Peduli Isoman Covid-19 akan terus dilakukan oleh PWNU DKI Jakarta. Gerakan ini melibatkan semua sumber daya manusia (SDM) yang ada di NU DKI Jakarta, baik pengurus harian, pengurus lembaga dan badan otonom. Dapur umum ini dikoordinir oleh Fatayat NU bersama Muslimat NU. Ini merupakan jihad kemanusiaan yang ketika orang menjaga jarak, stay at home, justru NU berada di lapangan langsung untuk membantu pasien Covid-19. Karenanya, program dan kegiatan NU DKI Jakarta ini mendapat apresiasi dari banyak kalangan, termasuk dari Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan,” ujar Samsul Ma`arif.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA