Senin 02 Aug 2021 16:30 WIB

Yang Muda yang Jadi Pengusaha

Indonesia memerlukan pabrik pengusaha untuk memajukan perekonomian negara.

Pengusaha Muda ( Ilustrasi )
Foto:

Indonesia Butuh Pengusaha Muda

Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Yudo Anggoro berkata, Indonesia harus memiliki banyak anak muda yang terjun ke dunia bisnis menjadi entrepreneur. Entreprenuer yang banyak akan menjadikan Indonesia bangsa produsen dan menjadi negara maju.

Pada pandemi Covid-19, Bank Dunia menaikkan status Indonesia dari lower middle income country menjadi upper middle income country. Penilaian ini karena Gross National Income (GNI) per kapita Indonesia yang naik. Namun Bank Dunia kembali menurunkan status Indonesia pada 2021 menjadi negara lower middle income country karena dampak pandemi.

"Indonesia turun menjadi negara berpendapatan rendah, jadi kenapa kita perlu entrepreneur? Karena entrepreneur bisa menjadi solusi,” kata dia.

Pemerintah menurut dia harus berusaha menaikan kembali level perekonomian Indonesia agar kondisinya menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memberikan insentif kepada pengusaha UMKM untuk meningkatkan produksinya.

Dengan memberikan pendidikan entrepreneur, Indonesia bisa mengubah kondisi saat ini menjadi menjadi bangsa yang memiliki kemampuan berproduksi dari sebelumnya bersifat konsumsi. “Kita harus berubah menjadi bangsa produksi dari konsumsi, kita harus, creating something sehingga kita tahu mengapa pentingnya entreprenuership,” ujarnya.

Pendidikan harus menjangkau semua orang. Pasalnya, semua orang memiliki potensi mengembangkan kemampuannya, ditambah Indonesia memiliki lebih banyak anak muda yang berarti umur produktif.

Jepang pada medio 1970-an dan Singapura pada 1980-an posisinya persis Indonesia. Kedua negara yang kini menjadi "Macan Asia" tersebut lebih banyak penduduk di usia produktif dan berhasil memanfaatkan itu, sehingga menjadi negara maju.

Indonesia harus mampu memanfaatkan momen tersebut. "Kita harus pastikan anak muda di Indonesia punya sesuatu yang dilakukan sehingga menjadi produktif,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement