Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Wali Kota Berharap Status PPKM Tangsel Turun ke Level 3

Senin 02 Aug 2021 15:12 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Foto: Republika/Eva Rianti
Penurunan level di Tangsel dianggap layak karena angka BOR di rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyampaikan, penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Tangsel diharapkan turun dari level 4 menjadi level 3. Hal itu disampaikan saat menanggapi akan berakhirnya PPKM level 4 pada 2 Agustus 2021.

“Saya berharap PPKM Tangsel ini akan berlanjut ke PPKM level 3, tergantung evaluasi hari ini. Mudah-mudahan turun kita ke level 3, jadi PPKM akan terus dilakukan, hanya levelnya level berapa,” ujar Benyamin di Kota Tangsel, Senin (2/8).

Menurut Benyamin, penetapan level 3 untuk PPKM di Tangsel dinilai layak. Hal itu berkaca pada menurunnya angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit serta turunnya tingkat kematian pasien Covid-19 di Kota Tangsel.

“Ya (layal level 3), saya melihat dengan keterisian tempat tidur yang terus turun. Walaupun angka penularan masih di atas 5 persen, tapi angka kematian turun standarnya 3 persen, kemarin 3 persen, sekarang mungkin 2,9 atau 2,8 persen,” terangnya.

Berdasarkan data Dinkes Kota Tangsel, tingkat BOR ICU pasien Covid-19 di Tangsel per 31 Juli 2021 berada di angka 86 persen, sedangkan BOR isolasi mencapai 66 persen. Angka tersebut menurun dibandingkan dengan pekan-pekan sebelumnya yang terus bergerak di angka sekitar 90 persen.

Benyamin menyebut dengan diturunkannya level PPKM tersebut di Tangsel, nantinya kegiatan ekonomi di wilayah penyangga Ibu Kota tersebut akan dilonggarkan, sesuai dengan aturan PPKM level 3 yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

“Ekonomi terus berputar, kita akan berikan nanti sesuai dengan arahan Instruksi Menteri Dalam Negerinya, siapa yang boleh buka dan siapa yang masih belum boleh buka. Akan ada banyak kelonggaran kalau kita turun ke level 3,” jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA