Senin 02 Aug 2021 15:08 WIB

Lapak Pengolahan Limbah Plastik di Cileungsi Terbakar

Pemadam Kabupaten Bogor masih menyelidiki penyebab kebakaran pengolahan limbah.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api yang melalap sebuah gudang
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api yang melalap sebuah gudang

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Sebuah lapak pengolahan limbah plastik di Kampung Rawa Kaso, Desa Jati Sari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor terbakar pada Senin (2/8) dini hari. Saat ini, Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor masih menyelidiki penyebab dari kejadian ini.

Komandan Pemadam Kebakaran Sektor Cileungsi, Hendra Kurniawan mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 02.40 WIB. Untuk memadamkan api, petugas membutuhkan waktu sekitar empat setengah jam.

“Kami tiba di lokasi sekitar pukul 03.24 WIB, dan api selesai ditanggulangi hingga sekitar pukul 07.56 WIB,” kata Hendra kepada Republika, Senin (2/8).

Hendra menyebutkan, untuk memadamkan api, 12 personel beserta enam unit mobil pemadam diterjunkan ke lapangan. Tak hanya dari Cileungsi sebanyak dua unit, diturunkan juga satu unit dari Cibinong, satu unit dari Citeureup, satu unit dari Ciawi, dan satu unit dari Parung.

Lebih lanjut, dia mengatakan, memadamkan api di limbah plastik tidak sesulit memadamkan api pada limbah ban pada Mei lalu. Sebab, bahan baku yang terbakar lebih sedikit.

Sehingga, kata Hendra, petugas tidak perlu menggunakan air sabun untuk memadamkan api. “Memadamkannya lebih mudah, bahan baku yang terbakar lebih sedikit. Air sabun juga tidak digunakan karena itu darurat,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement