Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Herd Immunity di Kota Cirebon Ditarget Akhir Tahun

Senin 02 Aug 2021 11:54 WIB

Rep: lilis sri handayani/ Red: Hiru Muhammad

 Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi seusai mengikuti vaksinasi Covid-19, Sabtu (13/2/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi seusai mengikuti vaksinasi Covid-19, Sabtu (13/2/2021).

Foto: DOK PEMKOT CIREBON
Awal Agustus ini, vaksin Covid-19 akan datang ke Kota Cirebon dalam jumlah banyak

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--Target herd immunity (kekebalan kelompok) di Kota Cirebon ditargetkan terbentuk akhir tahun ini. Untuk itu, Pemkot Cirebon terus menggenjot percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warganya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, mengungkapkan, Kota Cirebon menempati urutan kedua tercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dibandingkan daerah lainnya di Jawa Barat. Dengan kecepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon saat ini, maka herd immunity baru akan terbentuk pada Agustus 2022 mendatang.

‘’Namun, Pak Gubernur ingin selesai vaksinasi akhir tahun ini. Karena itu kita akan lakukan percepatan vaksinasi Covid-19,’’ kata Agus, Ahad (1/8).

Agus menyebutkan, pada awal Agustus ini, vaksin Covid-19 akan datang ke Kota Cirebon dalam jumlah yang cukup banyak. Jumlah itu masih akan ditambah dengan vaksin yang berasal dari jalur TNI/Polri serta vaksin dari sejumlah komunitas yang ada di Kota Cirebon.‘’Kami bersinergi untuk mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas di Kota Cirebon pada akhir 2021,’’ kata Agus.

Untuk mencapai target itu, maka kecepatan vaksinasi Covid-19 yang dibutuhkan di Kota Cirebon mencapai 2.000 - 3.500 per hari. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon melakukan peningkatan vaksinasi Covid-19 di 22 puskesmas. Setiap puskesmas, ditargetkan melaksanakan vaksinasi terhadap 100 orang per hari. Itu berarti, dalam sehari ada 2.200 warga Kota Cirebon yang menerima vaksin Covid-19.

Puskesmas akan memberikan vaksin untuk masyarakat umum dan lansia. Selain itu, adapula vaksin Covid-19 dari TNI/Polri dan komunitas lainnya yang diperuntukkan bagi remaja.

Agus menyebutkan, hingga saat ini vaksinasi Covid-19 untuk remaja baru tercapai dibawah seribu orang. Dia berharap, para remaja bisa mendatangi sentra-sentra vaksinasi Covid-19 yang sudah ditetapkan Pemkot Cirebon.‘’Sentra vaksinasi Covid-19 itu salah satunya di gedung diklat BKKBN,’’ kata Agus.

Agus pun meminta kepada fasilitas kesehatan lainnya, seperti rumah sakit dan klinik, untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19. Dengan demikian, 70 persen penduduk Kota Cirebon telah divaksin pada akhir 2021 sehingga terbentuk herd immunity.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA