Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Petualangan Lebah Sepanjang Sejarah Islam

Senin 02 Aug 2021 08:52 WIB

Red: Ani Nursalikah

Petualangan Lebah Sepanjang Sejarah Islam

Petualangan Lebah Sepanjang Sejarah Islam

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Lebah adalah salah satu hewan yang spesial dalam ajaran Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Azhar Rasyid, Penilik sejarah Islam

Lebah adalah salah satu hewan yang spesial dalam ajaran Islam. Hewan ini membawa banyak faedah bagi kesehatan manusia, terutama dari madu dan royal jelly yang dihasilkannya.

Baca Juga

Keberlangsungan hidup tanaman juga terbantu oleh lebah madu yang membantu melakukan penyerbukan. Perilaku sosial, kerja keras dan keberanian lebah dapat dijadikan sebagai teladan bagi manusia.

Tak heran bila sebuah surat dalam Al-Quran mengacu pada hewan yang berdengung ini (surat ke-16, An-Nahl). Nabi Muhammad SAW bahkan mengumpamakan mukmin seperti lebah yang hanya memakan yang baik dan menghasilkan yang baik pula serta bila hinggap di ranting tidak membuatnya rusak atau patah.

Di luar posisinya sebagai hewan yang istimewa dalam Islam, lebah juga merupakan makhluk sejarah dengan jejak historis yang membentang sepanjang sejarah Islam. Bagaimana lebah “berpetualang” selama satu setengah milenium era Islam?

Lebah sudah dikenal oleh berbagai komunitas dunia sejak dulu kala. Masyarakat pedesaan Mediterania pra-Islam, misalnya, mengumpulkan madunya dari hutan dan memanfaatkannya untuk menjaga kondisi fisik mereka.

Perlahan-lahan lebah pun mulai dibudidayakan agar manfaatnya bisa diperoleh secara optimal. Selain di Mediterania, madu juga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat Mesir kuno sebagai obat untuk luka bakar.

 

 

sumber : Suara Muhammadiyah
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA