Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Bentrokan Meningkat, Taliban Sasar Titik Strategis

Senin 02 Aug 2021 04:42 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Muhammad Hafil

 Bentrokan Meningkat, Taliban Sasar Titik Strategis. Foto:  Warga Afghanistan yakin konflik di wilayahnya sengaja dipelihara dengan terus menghidupkan Taliban.

Bentrokan Meningkat, Taliban Sasar Titik Strategis. Foto: Warga Afghanistan yakin konflik di wilayahnya sengaja dipelihara dengan terus menghidupkan Taliban.

Foto: ap
Bentrokan Meningkat, Taliban Sasar Titik Strategis

REPUBLIKA.CO.ID,KABUL -- Milisi Taliban mengakui menyerang bandara Kandahar, Afghanistan selatan, Ahad (1/8). Sekurangnya tiga roket tertuju ke bandara yang diklaim untuk menggagalkan serangan udara yang dilakukan oleh pasukan Afghanistan.

"Bandara Kandahar menjadi sasaran kami karena musuh menggunakannya sebagai pusat untuk melakukan serangan udara terhadap kami," ujar juru bicara Taliban, Zabiullah Mujahid.

Pejabat pemerintah Afghanistan mengatakan serangan roket memaksa pihak berwenang untuk menangguhkan semua penerbangan dan landasan pacu sebagian rusak. Tidak ada laporan segera mengenai korban.

Para pejabat menilai bahwa Taliban melihat Kandahar sebagai titik strategis utama. Kawasan ini tampaknya mereka gunakan sebagai pusat kendali untuk mendapatkan dominasi penuh atas lima provinsi lain.

Bentrokan antara pasukan Afghanistan dan milisi Taliban telah meningkat di kota-kota Kandahar dan provinsi tetangga Helmand. Di barat, para pejabat Afghanistan mengatakan para komandan Taliban dengan cepat menguasai gedung-gedung strategis di sekitar kota Heraat, dan memaksa warga sipil untuk tetap tinggal di rumah mereka.

Taliban maju setelah penarikan pasukan Amerika dan NATO dari Afghanistan. Dalam beberapa pekan terakhir kelompok Islam fundamentalis itu mengatakan mereka telah merebut lebih dari setengah wilayah Afghanistan, termasuk penyeberangan perbatasan dengan Iran dan Pakistan.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA