Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

FOI dan Zipmex Hidupkan Dapur Pangan di 5 Wilayah DKI

Ahad 01 Aug 2021 23:56 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Foodbank of Indonesia (FOI) bersama Zipmex Indonesia menghidupkan Dapur Pangan berbasis Masyarakat dan memberikan 2600 paket makanan siap santap bagi masyarakat terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera yang sedang isoman di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Foodbank of Indonesia (FOI) bersama Zipmex Indonesia menghidupkan Dapur Pangan berbasis Masyarakat dan memberikan 2600 paket makanan siap santap bagi masyarakat terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera yang sedang isoman di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Foto: istimewa
FOI dan Zipmex juga bagikan 2.600 paket makanan bagi warga prasejahtera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foodbank of Indonesia (FOI) bersama Zipmex Indonesia menghidupkan Dapur Pangan berbasis masyarakat dan memberikan 2600 paket makanan siap santap bagi masyarakat terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera yang sedang isoman di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

10 Dapur Pangan FOI (DPF) yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta dan biasa memasak serta membagikan makanan untuk membantu masyarakat di sekitarnya mendapatkan bantuan beragam peralatan memasak dalam program Zipmex Peduli. 

Gerakan ini dilaksanakan dengan dukungan ratusan relawan FOI di perkampungan dari tanggal 28 Juli hingga 6 Agustus 2021. Kebutuhan akan pangan menjadi hal penting bagi warga terdampak COVID-19, terutama bagi warga Isoman prasejahtera yang daya belinya sangat terbatas.

Berdasarkan data dari Provinsi DKI Jakarta, terdapat 804.027 jiwa yang sudah terinfeksi COVID-19 hingga 28 Juli 2021 dan setiap harinya penambahan kasus masih terus terjadi. Hal tersebut tentu memberikan dampak, salah satunya data dari BPS tahun 2021 menyebutkan bahwa kemiskinan di Indonesia meningkat hingga 2,7 juta jiwa akibat pandemi yang hingga kini masih terjadi. 

Hal tersebut menyebabkan semakin banyak orang sulit memenuhi kebutuhan dasarnya salah satunya adalah kebutuhan akan pangan. Sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat terdampak pandemi khususnya warga prasejahtera yang sedang menjalani isolasi mandiri, Foodbank of Indonesia berkolaborasi bersama PT Zipmex Exchange Indonesia, sebuah platform jual beli aset digital, membangun harapan masyarakat dengan menghidupkan dapur-dapur berbasis masyarakat dengan memberikan bantuan peralatan memasak dan membagikan 2600 paket makanan siap santap yang dimasak baik oleh Dapur Pangan FOI (DPF) maupun UMKM. 

Melalui bantuan ini, diharapkan akses pangan masyarakat menjadi lebih merata dan mampu bertahan ditengah kondisi pandemi yang sudah berlangsung selama hampir 2 tahun ini.  Penyaluran donasi secara simbolis dilakukan pada Rabu, 28 Juli 2021 dan diawali dengan pemberian bantuan berupa peralatan dapur di dapur swadaya milik PAUD Flamboyan di Kebayoran Lama dan dihadiri oleh Koordinator Program FOI, Khodijah A Zahir, perangkat RW serta para relawan.

Beberapa jenis peralatan dapur yang diserahterimakan adalah, kompor, wajan, panci hingga penanak nasi dan langsung digunakan untuk memasak makanan bagi mereka yang sedang isoman hari itu juga.

Koordinator PAUD Flamboyan, Septi merasa terharu dan berterima kasih atas bantuan ini. “Bantuan alat masak yang diberikan ke lembaga kami sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama karena di wilayah Kebayoran Lama ini rawan dan sering terjadi banjir, jadi bisa dimanfaatkan sebagai dapur umum kebencanaan juga. Selama masa pandemi juga dapur ini dapat dimanfaatkan sebagai dapur umum untuk membantu warga yang sedang isoman melalui gerakan relawan DPF Masyarakat. Nanti bila pandemi sudah mereda, PAUD bisa menggunakan peralatan masak ini untuk program pemberian makanan tambahan rutin untuk anak-anak juga. Terima kasih kami ucapkan untuk para donatur yaitu dari Zipmex dan Foodbank of Indonesia. Bantuan ini sangat berharga untuk kami” ujar Septi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA