Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

4 Hal yang Diciptakan Allah SWT dengan ‘Tangan’-Nya  

Ahad 01 Aug 2021 21:41 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Allah SWT mengajarkan pentingnya ilmu kepada umat manusia. Ilustrasi Lafadz Allah

Allah SWT mengajarkan pentingnya ilmu kepada umat manusia. Ilustrasi Lafadz Allah

Foto: Foto : MgRol112
Allah SWT mengajarkan pentingnya ilmu kepada umat manusia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menyampaikan, ayat 1-5 Surat Al Alaq adalah ayat-ayat Alquran yang pertama diturunkan. 

Ayat-ayat yang mulia dan penuh keberkahan ini adalah rahmat dan berkah pertama yang Allah SWT berikan kepada para hamba-Nya. 

Baca Juga

Itu juga menjadi peringatan tentang awal penciptaan manusia dari segumpal darah. Allah SWT mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. 

Allah SWT menjadikan manusia sebagai makhluk yang mulia karena ilmu. Ini pula yang membedakan antara Nabi Adam AS dan malaikat.

Ilmu ada yang mengejawantah dalam pikiran, lisan, maupun dalam bentuk tulisan. Karena itu, Allah SWT memerintahkan untuk membaca, dan Allah SWT Mahamulia yang mengajarkan manusia dengan pena. 

Dalam sebuah atsar, disebutkan, "Siapa yang mengerjakan dengan apa yang dia ketahui, maka Allah akan menganugerahkan kepadanya ilmu yang belum dia ketahui.

Al Qurtubi dalam tafsirnya, menjelaskan tentang ayat 4 Surah Al Alaq. Allah SWT mengajarkan para hamba-Nya apa yang mereka tidak ketahui, dan memindahkan mereka dari kegelapan atau kebodohan menuju cahaya yang terang-benderang. Maka di sinilah letak pentingnya tulis-menulis untuk menjaga kebertahanan ilmu. 

Kitab-kitab Allah SWT tidak diturunkan kecuali dengan tulisan. Dan jika bukan karena tulisan, tentu segala perkara agama dan dunia tidak akan menjadi utuh. 

عن عبدالله بن عمرو قال: يا رسول الله، أأكتبُ ما أسمع منك من الحديث؟ قال: ((نعم فاكتب، فإن الله علَّم بالقلم)).

Dari Abdullah bin Umar, dia berkata, "Wahai Rasulullah, apakah yang aku dengar darimu aku tulis?" Rasul menjawab, "Ya, tulislah, karena Allah SWT mengajarkan ilmu dengan pena." 

وروى مجاهد عن أبي عمر قال: خلق الله - عزوجل - أربعة أشياء بيده، ثم قال لسائر الحيوان: كن فكان؛ القلم، والعرش، وجنة عدن، وآدم - عليه السلام.

Mujahid meriwayatkan dari Abu Umar, dikatakan bahwa Allah SWT menciptakan empat hal dengan Tangan-Nya, yaitu pena, Arsy, Surga Adn, dan Adam AS. Diketahui pula bahwa Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang menulis.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Ketika Allah telah menciptakan makhluk, Dia tuliskan dalam kitab-Nya, yang tersimpan di sisi-Nya di atas Arsy, bahwa kasih sayang-Ku mendominasi murka-Ku’." 

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW juga bersabda, "Sesungguhnya hal yang paling pertama diciptakan oleh Allah adalah Al Qalam (pena), maka Allah berfirman kepadanya, "Tulislah". Al-Qalam berkata, "Ya Rabb apa yang akan hamba tulis?" Allah berfirman, "Tulislah takdir-takdir segala sesuatu sampai hari kiamat."

 

Sumber: alukah

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA